Ini Daftar Tragedi di Mina yang Banyak Menewaskan Jemaah Haji

Ini Daftar Tragedi di Mina yang Banyak Menewaskan Jemaah HajiTragedi Mina 2015 (Foto: Reuters)

 

Maduracorner.com – Hingga pukul 18.35 WIB, Kamis (24/9) sebanyak 453 jemaah haji dilaporkan tewas dan lebih dari 719 orang luka-luka karena terinjak-injak di Jalan Arab 204, Mina. Mereka terinjak-injak saat menuju lokasi lempar jumroh.

Seperti dilansir CNN, para jemaah berdesak-desakan saat hendak melakukan ritual lempar jumroh. Ratusan ribu jemaah haji yang berdesak-desakan ricuh dan saling menginjak.

“Memang ada insiden terinjak-terinjak dan petugas juga ikut dalam insiden itu,” kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Brigjen Mansour al-Turki.

Saat ini, memang merupakan puncak ibadah haji. Saat ini para jemaah haji memang tengah berada di Mina untuk melakukan serangkaian rukun haji.

Tragedi di Mina saat musim haji ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya ada insiden yang juga menewaskan para jemaah, di antaranya yaitu:

1. Tahun 2006, lebih dari 360 jemaah meninggal akibat terinjak-injak saat sedang menjalani ritual lempar jumroh di Mina, yang terletak sekitar lima kilometer dari Makkah.

2. Tahun 2004, sebanyak 244 jamaah meninggal ketika para jemaah berdesak-desakkan di Mina. Ratusan orang lainnya luka-luka dalam insiden di hari terakhir prosesi haji tersebut.

3. Tahun 2001, aksi saling dorong dan desak-desakkan di Mina menyebabkan 35 jemaah haji meninggal akibat terinjak-injak massa. Insiden fatal tersebut terjadi di hari terakhir prosesi haji tahun itu.

4. Tahun 1998, sekitar 180 jemaah tewas terinjak-injak massa yang panik setelah beberapa dari mereka jatuh dari jembatan layang saat melakukan ibadah lempar jumroh di Mina.

5. Tahun 1997, sekitar 340 jemaah tewas dalam kebakaran di tenda-tenda haji di Mina. Kebakaran diperparah oleh angin kencang yang bertiup saat itu. Lebih dari 1.500 orang lainnya luka-luka saat itu.

6. Tahun 1994, sebanyak 270 orang meninggal akibat terinjak-injak saat ritual lempar jumroh di Mina.

7. Juli 1990, sebanyak 1.426 jemaah haji tewas dalam tragedi terowongan Mina. Jemaah berdesak-desakan dan terinjak saat berada dalam terowongan yang menghubungkan Makkah ke Mina dan Arafat.

(slm/tor)
Sumber : Salmah Muslimah – detikNews
By : Jiddan
Email Autoresponder indonesia