Ini Komitmen Dispora Bangkalan  Membangun Prestasi di Bidang Olahraga

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bangkalan, berupaya meningkatkan kualitas para atlet di semua cabang olahraga (Cabor). Hal itu, menyikapi buruknya prestasi ketika mengikuti sejumlah even bergengsi.

Salah satu contoh saat mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2015. Kabupaten Bangkalan, kalah bersaing dengan Kabupaten Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Bahkan, berada di dasar klasemen.

Keseriusan Dispora untuk membangun prestasi itu, dengan membahas langkah-langkah yang akan dilakukan bersama semua pengurus cabor, anggota legislatif dan instansi terkait yang dikemas dalam acara Ngobrol Bareng untuk Membangun Prestasi Olahraga Kabupaten Bangkalan.

Bahkan, Dispora juga menghadirkan Ketua Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK Universitas Surabaya, Imam Syafii. Akademisi bergelar doktor ini, didatangkan sebagai pemateri yang mengupas tuntas tentang peningkatan prestasi atlet.

“Ngobrol bareng ini untuk menyamakan persepsi agar prestasi di semua cabor bisa meningkat dan sesuai harapan,” jelas Kadispora Bangkalan, Moch Sa’ad Asjari, Kamis (15/2/2018).

Mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) itu menuturkan, untuk sementara waktu akan fokus kepada cabor yang selama ini menorehkan prestasi gemilang, seperti pencak silat. Namun, bukan berarti mengenyampingkan cabor lainnya.

“Bangkalan memiliki atlet-atlet potensial. Tinggal mencari benang merahnya, kenapa belum bisa memberikan kontribusi maksimal,” jelasnya.

Sementara itu, Pemateri Imam Syafii menyampaikan untuk meningkat prestasi itu, harus memberikan ruang bagi atlet untuk berlatih dan bertanding. Karena dengan pertandingan ini bisa mengukur sejauh mana kemampuan atlet tersebut.

“Kalau hanya latihan rutin, tapi tidak pernah diberi kesempatan uji tanding itu percuma,” ucapnya.

Menurutnya, semua cabor harus memiliki target jangka pendek san jangka panjang agar pembinaan berjalan maksimal. Jangan hanya para atlet diberikan pembinaan jika akan penghadapi perlombaan saja.

“Saya siap membantu membangun prestasi cabor di Bangkalan,” tandasnya. (*)

Penulis : Riyan Mahesa

Editor : Achmad

Email Autoresponder indonesia