Inilah Peralatan Sekolah yang Bisa Dibeli dengan Dana BOS

8623 views

 

Bangkalan, maduracorner.com – Sudah lumrah kita ketahui bahwa pemerintah pada tahun 2003 telah mengeluarkan undang-undang yang mewajibkan warga negaranya terutama yang berusia 7-15 tahun untuk mengikuti pendidikan dasar selama 9 tahun. Undang-undang tersebut adalah Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003.

Pasal 34 ayat 2 pada undang-undang tersebut menyatakan bahwa pemerintah menjamin terselenggaranya wajib belajar pada jenjang pendidikan dasar tanpa dipungut biaya. Dan pada ayat 3 disebutkan bahwa wajib belajar menjadi tanggung jawab negara yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat.

Dengan amanat Undang-Undang tersebut, maka pemerintah berkonsekuensi memberikan layanan pendidikan bagi seluruh peserta didik pada tingkat pendidikan dasar, karena itu pemerintah membuat program Bantuan Operasional Sekolah atau disingkat BOS, yang sudah dimulai sejak bulan Juli 2005.

Pada dasarnya program BOS merupakan program penyediaan pendanaan biaya operasi non personalia bagi satuan pendidikan dasar, yaitu seperti biaya untuk bahan atau peralatan habis pakai, biaya tak langsung dll. Perlu Anda ketahui bahwa di tahun 2015 ini jumlah dana BOS yang diterima sekolah untuk SD adalah Rp. 48 juta/tahun atau Rp. 800 ribu/siswa/tahun, sedangkan untuk SMP adalah Rp. 60 juta/tahun atau Rp. 1 juta/siswa/tahun, dengan jumlah minimal peserta didik 60 orang.

Mungkin sebagian dari kita tidak mengetahui secara persis peralatan apa saja yang bisa dibeli dengan Dana BOS. Karena itu TokoEdukasi.com akan menguraikannya untuk Anda. Yuk disimak!
Ada 13 komponen pembiayaan yang ditetapkan oleh pemerintah yang bisa digunakan dari dana BOS, tapi kali ini hanya membahas spesifik 8 komponen pembiayaan yang terkait dengan pembelian peralatan sekolah, antara lain :

1. Pengembangan perpustakaan
Pada komponen ini sekolah bisa membeli buku teks pelajaran untuk siswa dan pegangan guru, untuk mengganti yang rusak atau mencukupi kekurangan jumlah.
2. Kegiatan dalam rangka penerimaan peserta didik baru
Pada komponen ini sekolah bisa membeli ATK untuk keperluan penerimaan peserta didik baru, seperti kertas, pulpen, dan ATK lainnya sesuai kebutuhan
3. Kegiatan pembelajaran dan ekstra kurikuler peserta didik
Peralatan sekolah yang dapat dibeli dalam komponen ini antara lain peralatan olahraga , peralatan musik , peralatan UKS.
4. Pembelian bahan-bahan habis pakai
Pada komponen ini sekolah dapat membeli buku tuliskapur tulispulpenpensilspidolkertasbahan praktikum, buku induk peserta didik, buku inventaris, pengadaan suku cadang alat kantor.
5. Membantu peserta didik miskin yang belum menerima bantuan program lain seperti KIP
Sekolah dapat membantu membeli seragamsepatu dan alat tulis
6. Pembiayaan pengelolaan BOS
Pada komponen ini sekolah dapat membeli peralatan ATK (alat tulis kantor) termasuk, tinta printer, CD dan flash disk
7. Pembelian dan perawatan perangkat komputer
Sekolah dapat membeli komputer desktop, printer atau printer plus scanner, laptop dan proyektor.
8. Biaya lainnya jika seluruh komponen telah terpenuhi pendanaannya dari BOS
Item pembiayaan dalam komponen ini antara lain, pembelian peralatan UKS , pembelian meja dan kursi  peserta didik jika meja dan kursi yang ada sudah rusak berat

Sumber : TokoEdukasi.com

By : Jiddan

Email Autoresponder indonesia