Inilah Wilayah Rawan Terjadi Puting Beliung di Pamekasan

839 views
image

kantor BPBD Pamekasan

Pamekasan, Maduracorner.com – Masa peralihan musim kemarau ke musim penghujan atau pancaroba berpotensi menimbulkan bencana anginputing beliung di sejumlah daerah.

Di Kabupaten Pamekasan Jawa Timur sebagaimana hasil pemetaan BPBD setempat ada sebanyak empat kecamatan yang dinilai rawan terjadinya angin puting beliung selama musim pancaroba.

“Ada empat kecamatan yang rawan puting beliung, yakni Tlanakan, Larangan, Batumarmar dan Waru,” kata Kepala BPBD Pamekasan, Akmalul Firdaus, Kamis (12/11/2015).

Menurut Firdaus, data tersebut mengacu pada data lokasi terjadinya puting beliung di Kabupaten Pamekasan pada tahun-tahun sebelumnya. Sehingga dia meminta masyarakat lebih waspada.

“Saya minta masyarakat lebih waspada dan berhati-hati, baik yang berada di alam terbuka dan di permukiman,” imbuhnya.

Selain itu dia meminta agar masyarakat melihat situasi dan kondisi cuaca di sekitarnya. Manakala ada yang membahayakan agar segera menyelamatkan diri. Sebab bencana tidak dapat diprediksi.

“Kalau ada bencana, segera melapor kepada kami agar segera bisa ditangai oleh petugas di BPBD,” pintanya.

Sebelumnya, bencana angin puting beliung sudah menyampu 8 rumah warga di Desa Bajur Kecamatan Waru. Dari 8 rumah tersebut tiga rumah rusak berat alias ambruk sementara lainnya rusak ringan.(*)

Penulis : Fatahillah Kamali.         Editor : Altsaqib

Email Autoresponder indonesia