Isi Kuliah Umum di Ponpes Al-Amien Prenduan, KH Zainul Majdi Bahas Tantangan Pemimpin Masa Depan

SUMENEP, MADURACORNER.COM- Tuan Guru Bajang Dr. KH Zainul Majdi mengisi acara tabligh akbar dan kuliah umum dengan tema pemimpin umat masa depan “harapan dan tantangan” di Pondok Pesantren Al-Amien, Prenduan,Sumenep, Senin (12/2/2018) malam.

Dihadapan ribuan santriwan dan santriwati serta alumni, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut mengupas tuntas tentang kepemimpinan. Menurutnya, paling tidak pemimpin masa depan harus memiliki dua hal.

“Pertama seorang pemimpin harus tahan uji. Kedua, perkataan dan perbuatannya seperti lebah,” papar cucu ulama kharismatik di NTB itu.

Ujian bagi pemimpin sambung Zainul, adalah penguat diri bukan peluntur semangat. Melalui terpaaan ujian itu, pemimpin bisa berproses menangani semua permasalahan yang dihadapi.

“Lebah itu tidak pernah mengkonsumsi makanan yang buruk, sehingga menghasilkan madu yang manis. Pemimpin juga harus seperti itu,” imbuhnya.

Alumnus Al-Azhar tersebut menuturkan, pemimpin saat ini harus pintar menyaring setiap informasi yang diterima. Jangan mudah percaya dengan peredaran berita hoax yang begitu masif dan sangat meresahkan masyarakat tersebut.

“Bahkan dalam satu riwayat, menyebarkan kebohongan dosanya hampir sama dengan dosa melakukan zina,” tegasnya.(*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor : Achmad