Jaga Stabilitas Harga Bahan Pokok, Satgas Pangan Pantau Aktivitas Pasar

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polres Bangkalan, terus melakukan pemantauan terhadap aktivitas perekonomian di pasar selama bulan suci Ramadhan. Hal itu, untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan kebutuhan pokok.

“Kami bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Dinas Pasar untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasaran,” jelas Kapolres Bangkalan, AKBP Bobby Paludin Tambunan, Minggu (27/5/2018).

Menurutnya, monitoring di lapangan sangat penting dilakukan untuk mengatahui perkembangan harga. Termasuk, mengantisipasi terjadinya praktik penimbunan bahan pokok yang dapat menyebabkan segala kebutuhan di pasar menjadi sangat langka.

“Kami akan mencegah terjadinya lonjakan harga yang tidak wajar,” imbuhnya.

Bobby menuturkan, penjualan bahan pokok yang tidak layak konsumsi juga menjadi sasaran dalam proses pemantauan tersebut. Sebab, bahan pokok yang tidak layak jual itu, sangat merugikan konsumen dan membahayakan bagi kesehatan.

“Kalau kami menemukan aktivitas penimbunan dan peredaran bahan pokok tidak layak jual, pasti akan diproses sesuai mekanisme dan ketentuan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Sejauh ini sambung Bobby, satgas pangan belum menemukan indikasi pelanggaran maupun praktik-praktik terlarang. Dia berharap harga tetap stabil dan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi hingga perayaan hari raya Idul Fitri.

“Jika tiba-tiba terjadi lonjakan harga akan kami lihat apakah masuk kartel, monopoli atau sebab yang lainnya,” tandasnya. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad