Jalan Akses Ke Kota Pelabuhan MIS-C Baru Selesai 3 KM

699 views

 

Jlan akses baru Kelar 3 km             |   Oleh   : A.Shohib

 

Buptai Bangkalan, RK Makmun Ibnu Fuad saat meninjau jalan akses kota pelbauhan-Foto : A.Shohib/MC.com

Buptai Bangkalan, RK Makmun Ibnu Fuad saat meninjau jalan akses kota pelbauhan-Foto : A.Shohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan-Sudah dua tahun pemerintah Propinsi mengerjakan proyek pembangunan jalan akses ke kota Pelabuhan  Madura Industria Seaport-City (MIS-C) di desa Pernajuh Kecamatan Socah kabupaten Bangkalan, namun sampai saat ini, dari panjang jalan akses 15 km yang direncanakan, pemerintah  baru bisa menyelesaikan 3 km dari desa Sagra Agung kecamatan Socah hingga ke desa Pendabah kecamatan Kamal. Molornya pembangunan jalan akses itu selain terkendala dengan pembebasan lahan, juga terkendala dengan tanah milik Perhutani sepanjang 300 m di desa Pandebah.

Kasatker Metropolis Dinas PU Propinsi Jatim, Tutuk Suryo J, membantah jika pembangunan jalan akses ke kota pelabuhan MIS-C itu lamban dan molor. “Ini sangat sukses, pembagunan bisa cepat ini, jalan akses suramadu aja dulu hampir 6 tahun, ini dua tahun sudah seperti ini, telah 3 km selesai,” kata Tutuk Suryo J, saat Sidak bersama Bupati bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad, Rabu (17/04).

Dijelaskan dia, saat ini pengerjaan proyek jalan akses ke kota pelabuhan MIS-C itu baru selesai sepanjang 3 km, selanjutnya adalah membuka lahan sepanjang 3 km di kawasan desa Pendabah kecamatan Kamal. “Sepanjang 3 KM lahannya sudah ada, kita tinggal membuka lahan itu. Kalau tahun ini pembukaan lahan sudah selesai, tahun depan pembagunan jalan bisa dilanjutkan,” tutur Tutuk Suryo J.

Sementara untuk jalan akses yang melintasi lahan milik perhutani kata Tutuk Suryo J, hal tersebut akan dilakukan secara pelan-pelan. “Untuk lahan milik Perhutani kita pelan-pelan, itu kan tanah negara, dengan aturan yang baru, kalau tanah Negara dibutuhkan untuk kepentingan umum, bisa kita selesaikan,” kata Tutuk

Lebih lanjut Tutuk menjelaskan, setelah pembukaan lahan di kawasan desa pandebah, pihkanya akan meminta bantuan kepada BPWS untuk pembebasan lahan sepanajng 3 km, dimana lahan tersebut berada di wilayah BPWS. “Untuk lahan sepanjang 3 km di desa Morkepek kecamatan Labang kita  akan minta bantuan kepada BPWS, karena lahanitu berada di wilayahnya,” jelas Tutuk Suryo.

Lebih lanjut Tutuk Suryo J menjelaskan, untuk melanjutkan pembangunan jalan akses ke kota pelabuhan itu masih membutuhkan anggaran sebesar Rp 150 Milyar. “Dana ini hanya untuk pembangunan fisik saja ya, sementara dana sebesar Rp 50 Milyar untuk pembebasan lahan pemerintah propinsi sudah menyerahkan kepada pemkab Bangkalan, dan kita targetkan tahun 2015 jalan akses ini sudah selesai,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bangkalan, RK Makmun Ibnu Fuad, menjelaskan, selesainya jalan akses ke pelabuhan kota MIS-C sepanjang 3 km itu merupakan langkah awal yang sangat baik. “Sudak selesai sepanjang 3 km ini sangat baik, dan ini langkah awal untuk mewujudkan jalan ke kota Pelabuhan Madura Industria Seaport-City (MIS-C) di kecamatan socah,” terang terang Bupati yang akrab dipanggil Ra Momon ini.

Untuk mempercepat pembangunan jalan akses ini kata Ra Momon, pemkab Bangkalan akan memfokuskan dalam pembebasan lahan. “Pembebasan lahan akan kita percepat, terutama 300 m lahan milik perhutani dan kita fokuskan pada pembebasan lahan, biar pembangunan jalan lancar,” katanya.

Jika pembangunan lancar imbuh Ra Momon, maka target selesai pada tahun 2015 nanti bisa tercapai. “Insya Allah tahun 2015 jalan akses inio bisa selesai,” pungkas Ra Momon. (min)

 

Email Autoresponder indonesia