Jalan Penghubung Tiga kecamatan di Bangkalan Amblas dan longsor

Bangkalan, Maduracorner.com, Jalan Desa Batokoceng amblas pada Kamis (31/12), sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. Amblasnya jalan tersebut setelah diguyur hujan deras yang membuat kondisi jalan amblas dan longsor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kondisi jalan saat ini hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Penyebab jalan kabupaten yang menghubungkan tiga kecamatan Galis, Geger dan Konang tersebut lantaran tingginya intensitas hujan dan gambutnya tanah mengakibatkan tanah ambles dan longsor.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Bangkalan di dampingi Kepala Dinas PUPR dan Forkopimda melakukan peninjauan langsung kelokasi longsor tadi pagi.

Kepala dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) Bangkalan, Ishak Sudibyo mengatakan, akan segera melakukan perbaikan jalan terssbut. Menurutnya, dalam waktu sementara pemerintah membuat jalan alternatif supaya masyarakat bisa melewati jalan tersebut.

“Untuk sementara, akan membuat jalan alternatif agar masyarakat bisa melintasi akses jalan tersebut,” ujarnya.

Selain itu, Yoyok juga menjelaskan, untuk proses perbaikan, pihaknya masih menunggu penyelesaian peraturan daerah (perda) APBD tahun 2021.

“Jadi nanti kita pakai anggaran di APBD kalau perdanya sudah selesai, tapi kita juga bisa menggunakan anggaran belanja tak terduga (BTT),” jelasnya.

Menurut Yoyok, kerusakan jalan kedalaman 3 meter lebar 4 meter direncanakan perbaikannya akan dilakukan TPJ konstruksi pasangan batu kali dengan pondasi Strous panjang 50M kedalaman 3M.

“Kemudian urugan pudel kurang lebih 175 M3, telford, lapen dan drainase tepi jalan,” pungkasnya. (Ris).

Email Autoresponder indonesia