Jalan Rusak Sering Makan Korban

650 views
warga Perbaiki jalan secara swadaya-foto: Aryan/MC.com

warga Perbaiki jalan secara swadaya-foto: Aryan/MC.com

Warga Desa Tebul Kecamatan Kwanyar Perbaiki Jalan Rusak Secara Swadaya | Oleh : Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – karena sering memakan korban, warga Desa Tebul Kecamatan Kwanyar memperbaiki jalan rusak secara swadaya. Perbaikan jalan secara swadaya itu dilakukan atas dasar rasa kemanusian, sebab data yang di himpun, banyak korban yang berjatuhan. Bahkan ada 2 orang pengendara kendaraan sepeda motor berasal dari Surabaya meninggal dunia akibat terjatuh dan terperosok kedalam Jalan yang berlubang.

“Perbaiki jalan rusak sepanjang 20 meter, berlubang dengan kedalaman antara 15-20 cm di 4 lokasi ini, atas inisiatif warga Desa Tebul secara swadaya, dengan maksud tidak banyak lagi menelan korban lainnya,” ujar Hafid saat di temui tengah memperbaiki jalan bersama teman lainnya, Selasa, (25/2).

Jalan yang rusak itu kalau pagi hingga sore hari memang tidak ada masalah, lanjut Hafid, tapi pada saat musim hujan seperti saat ini, jalan berlubang itu menjadi tempat kubangan air. Apalagi pada malam hari, di seputar lokasi jalan rusak itu sangat gelap karena tidak ada lampu penerangan jalan umum.

“Sudah belasan pengendara sepeda motor yang terperosok kedalam lubang jalan yang menjadi kubangan air itu pada malam hari dengan luka yang serius dan sepeda motor yang mengalami kerusakan yang cukup parah. Bahkan ada yang meninggal dunia,” ungkapnya.

Soal material perbaikan jalan, kata dia, tidak ada masalah karena bisa diambilkan dari batu karang yang banyak terdapat didekat pantai dicampur pasir laut dekat pantai dan tidak jauh dari lokasi jalan yang rusak. Selanjutnya batu karang dipecah kecil – kecil dan dipasang secara rapi diatas jalan yang rusak seraya ditaburi pasir laut diatasnya.

“Kami harap dengan diperbaiki jalan rusak itu, tidak akan ada lagi korban yang berjatuhan,” pungkasnya. (yan/shb)

Email Autoresponder indonesia