Jangan Acungkan Jari Tengah

817 views

Mewakili pesan paling kurang ajar. By : AN

800px-Middle_finger

 

Maduracorner.com.Bangkalan – Mengacungkan jari tengah merupakan gesture yang paling populer di seluruh dunia. Video orang yang sedang mengacungkan jari tengah di televisi hampir dapat dipastikan kena sensor. Jari tengah mewakili pesan paling kurang ajar yang ingin disampaikan ke orang lain. Menghina, merendahkan, dan menyulut emosi. Meskipun Anda pasang wajah senyum, marah atau mengejek, tak mengurangi makna mengejek jari tengah.

Apa kisah jari tengah mengalami nasib seperti ini? Ketika seluruh jari merapat dan kedua tangan merapat, itu mewakili simbol rendah hati dan sopan. Tapi kalau si jari tengah sendiri saja, simbol yang ia wakili bisa mengundang petaka.

Ternyata jari tengah sudah menemukan sialnya sejak zaman Romawi kuno. Ketika itu jari tengah sudah mewakili simbol menghina orang lain. Beberapa dokumen Romawi kuno mencatat hal itu. Tapi dalam konteks naskah-naskah komedi.

Nasib si Jari Tengah Ketika Berjuang Sendiri

Kini, seisi planet bumi sepakat memberikan makna “Fack You” untuk simbol jari tengah. Digunakan untuk mengejek dengan tingkat kasar bahkan berorientasi seksual. Tapi, kenapa simbol jari tengah bermakna “Fack You”?

Konon, ini dimulai ketika perang Perancis-Inggris. Sebelum perang Agincourt tahun 1415, Perancis yang khawatir dengan kemenangan Inggris memutuskan untuk memotong jari tengah tawanan Inggris. Tujuannya agar mereka tidak dapat memanah dengan baik karena ketika itu panah jadi salah satu senjata utama. Ternyata Inggris tetap berhasil menaklukkan Perancis.

Saat Inggris menang mereka mengolok-olok tentara Perancis yang telah berbuat curang. Sambil mengacungkan jari tengah tentara Inggris teriak-teriak dalam bahasa Inggris klasik “See, we can still pluck yew!”. Lihat, kami tetap bisa membantai kalian. Nah… agaknya PLUCK itu bergeser terus sampai sekarang jadi FACK.

Email Autoresponder indonesia