Jelang Bulan Puasa, Harga Kebutuhan Pokok Mulai Merangkak Naik

649 views

image

Pedagang Kebutuhan Pokok

Bangkalan, maduracorner.com – Bulan Ramadhan kurang 2 minggu lagi. Dan seperti sebuah kebiasaan, harga kebutuhan pokok di pasar pun secara perlahan (namun pasti) merangkak naik.
Mulai dari bawang merah, cabai merah keriting, cabai besar, bawang putih, gula hingga minyak goring.

Dari pantauan maduracorner.com, hal ini mulai nampak di pasar Ki Lemah Duwur (KLD) Bangkalan. Para pedagang di pasar induk di jalan Halim Perdana Kusuma ini pun membenarkan.

“Harga bawang merah dari Rp 18 ribu naik menjadi Rp 30 ribu/kg. Cabe merah besar dari Rp 15 ribu menjadi Rp 24 ribu/kg. Sementara cabe merah keriting dari Rp 8 ribu menjadi Rp 20 ribu/kg. Begitu juga bawang putih dari Rp 10 ribu naik menjadi Rp 16 ribu,”jelas salah satu pedagang, Hj. Soleho saat ditemui di kompleks pasar, minggu (31/5/2015) pagi.

Menurut dia, terjadinya kenaikan harga ini akibat pasokan dari petani terlambat. Sementara stok barang semakin menipis. “Tapi memang begini ini kondisinya kalau menjelang bulan ramadhan. Pasti ada kenaikan”,imbuhnya.

Kenaikan juga terjadi pada harga gula yang semula Rp 10.500 menjadi Rp 12 ribu/kg. Telur ayam dari Rp 16 ribu menjadi Rp 21ribu/kg. Begitupun beras lokal juga naik dari Rp 6 ribu menjadi Rp 7.500/kg.

“Dengan adanya kenaikan beberapa harga kebutuhan pokok ini, daya beli konsumen berkurang dan jualan menjadi sepi,” keluhnya. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad El Sahraawy