Jelang Bulan Puasa Harga Sembako Melambung

898 views
image

Para Penjual Sembako di Pasar KLD Bangkalan

Bangkalan, maduracorner.com – Harga sejumlah kebutuhan pokok di Kabupaten Bangkalan mengalami lonjakan sebulan sebelum Ramadan. Bahkan di pasar tradisional Ki Lemah Duwur, lonjakan harga sembako tersebut terjadi sejak dua hari lalu.

“Harga naik, jumlah pasokan bahan dari petani minim karena hasil panen yang buruk,”keluh pedagang sembako di asar Ki Lemah Duwur, Soleha, Rabu (11/5/2016).

Ia menyebutkan harga cabai, bawang merah, dan bawang putih naik mulai dari Rp 2 ribu hingga Rp 4 ribu. Biasanya, harga akan semakin meroket mendekati momen bulan puasa. “Banyak pembeli yang mengeluh,”ucapnya.

Pantauan maduracorner.com, kenaikan harga juga terjadi pada daging ayam dan sapi. Harga daging ayam naik dari Rp 28 ribu menjadi Rp 30 ribu per Kg. Sedangkan harga daging sapi naik dari Rp 100 ribu menjadi Rp105 ribu per Kg. “Permintaan banyak. Sementara harga hewan hidupnya naik,”terang penjual daging sapi, Sutijah.

Sementara itu, anggota DPD RI, Ahmad Nawardi berjanji mendesak pemerintah agar melakukan operasi pasar untuk menekan harga bahan pokok menjelang bulan Ramadhan. “Harga harus dikontrol biar tidak semakin melonjak,” tandasnya.‎ (her/mad)

Penulis: Heriyanto Ahmad
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia