Jelang Idul Adha, Permintaan Hewan Korban Naik 10 Persen

572 views
image

Pedagang Sapi

Bangkalan,Maduracorner.com– menJelang hari Idul Adha 1435.H Permintaan hewan kurban seperti kambing  di pasar hewan Tanah Merah Kecamatan Tanah Merah meningkat atau naik sekitar 10 persen dibanding hari-hari biasa. “MenJelang lebaran Idul Adha serperti saat  ini permintaan kambing yang akan dipakai sebagai hewan korban meningkat 10 persen,” ujar salah seorang staf pasar hewan Tanah Merah Kecamatan Tanah Merah, Muslih, Sabtu, (13/9/2014).

Termasuk harganya, kata Muslih, juga mengalami kenaikan lebih kurang 10 persen. Seperti kambing yang paling besar biasanya dijual Rp 1.200 ribu naik menjadi Rp.1.300 ribu, ukuran sedang dari Rp. 750 ribu naik menjadi Rp.850 ribu dan terkecil dari Rp.350 ribu naik menjadi Rp.400 ribu. “Harga perekor kambing pada H-3 sampai H-1 bisa naik 50 persen – 60 persen,” ungkapnya.

Sementara itu Moh. Husen wraga Desa Dumajah Kecamatan Tanah Merah mengaku sengaja membeli lebih awal 2 ekor kambing ukuran besar  sebagai persediaan hewan korban. Karena berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, jika  membeli kambing mendekati H-2 dan H-1 Idul Adha,  harganya akan mahal, kadang naiknya bisa dua kali lipat. Itu sebabnya dia membeli lebih awal untuk dipelihara dirumahnya. “Jika membeli kambing pada  H-2 atau H-1, harganya bisa naik 50 persen dan bisa juga dua kali lipat harga per ekornya,” pungkas Husen. 

Penulis : Aryan
Editor   : Sohib

Email Autoresponder indonesia