Jelang Kurban, Waspadai Penyakit Antraks

557 views

Pamekasan, Maduracorner.com – Jelang Hari Raya Idul Adha yang tinggal beberapa hari lagi, Dinas peternakan (Disnak) Kabupaten Pamekasan melakukan pemeriksaan terhadap hewan Qurban di Pasar 17 Agustus Pamekasan, Rabu (02/10).

Pemeriksaan dilakukan terhadap kambing-kambing yang diperjual belikan di Pasar tersebut, mulai dari pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan kedewasaan hewan. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap hewan qurban milik Pemkab.

Kabid Kesehatan Hewan Disnak Pamekasan, Ir. Ulung Pramono mengatakan pemeriksaan itu dilakukan guna memastikan hewan Qurban aman dari penyakit. Terutama penyakit yang menular, seperti antraks dan penyakit menular lainnya.

“Namun selama pemeriksaan yang kita lakukan di semua kecamatan belum ditemukan penyakit yang membahayakan,” katanya.

Namun meski Provinsi Jawa Timur dinyatakan aman dari penyakit hewan yang menular terutama antraks, masyarakat diminta waspadai penyakit antraks karena sangat menular dan berbahaya bagi manusia.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan di belakang Gedung Pemkab ditemukan beberapa hewan yang mengalami penyakit mata. Namun tetap dinyatakan layak untuk dijadikan sebagai hewan Qurban.

Penulis : Fatahillah Kamali. Editor : Gebril Altsaqib.

Email Autoresponder indonesia