Jelang Lebaran, Dua Peleton Brimob Disiagakan di Bekas Konflik Syiah

image

Kabag Ops Polres Sampang Kompol Syaiful Anam

Sampang, maduracorner.com – Polres Sampang menyiagakan 2 peleton personil Satbrimob Polda Jatim di dua desa menjelang hari raya Iedul Fitri. Yakni Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben dan Desa Blu’uran Kecamatan Karang Penang. Lokasi ini sebagaimana diketahui merupakan bekas konflik Syiah – Sunni.

Kepala Bagian Operasional Polres Sampang, Kompol Syaiful Anam menjelaskan, pasukan Brimob tersebut akan melakukan pengamanan. Terutama bertugas menggelar patroli dan memberikan pengawalan ekstra terhadap warga penganut aliran syiah yang kemungkinan besar mudik ke kampung halamannya.

“Pengawalan mulai dari rusun Jumondo Sidoarjo sampai balik lagi ke Sidoarjo.
Jadi tujuannya biar masyarakat (warga Syiah) merasa aman . Yang kedua, kita antisipasi jangan sampai terulang kembali kejadian itu,”terang Syaiful kepada maduracorner.com, kamis (02/07/2015) siang.

Syaiful menambahkan, selain menyiagakan pasukan brimob di dua desa tersebut, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kodim 0828 dan Polsek setempat. Aparat keamanan ini juga siap bergerak bila sewaktu-waktu warga pengikut Syiah hendak pulang kampung.

Sementara itu, saat disinggung adanya kemungkinan warga pengikut Syiah bisa kembali lagi ke rumahnya, Syaiful menyatakan, hal itu masih sulit. Sebab masyarakat setempat masih melakukan penolakan keberadaan warga pengikut Syiah tersebut.

“Pemerintah terus melakukan upaya-upaya ke arah itu. Termasuk juga melakukan pendekatan. Namun masyarakat belum menerima (warga Syiah),”tutupnya. (son/mad)

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia