Jelang Lebaran Stok Daging Aman dan Sehat

645 views
Ilustrasi

Ilustrasi

Pantauan Pasar | oleh : Teguh

Maduracorner.com, Sumenep -Menjelang hari raya Idul Fitri 1435 Hijriyah, Dinas Peternakan Kabupaten Sumenep terus melakukan pemantauan ke sejumlah peternak dan pedagang daging.

Kegiatan tersebut rutin dilakukan petugas dilapangan, bahkan pengawasan akan semakin ditingkatkan pada H-4 dan H-5 lebaran, yang biasanya banyak penyembelihan hewan.

 
Hingga saat ini dari sisi stok daging khususnya di Kabupaten Sumenep, menurut  Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sumenep, Arif Rusdi,  Jumat (18/7), tetap aman yang juga  ditunjang dengan jumlah sapi yang memang  terbanyak di Indonesia.

“Oleh sebab itu, soal stok daging jangan kawatir, dari sisi kesehatan melalui hasil sidak di lapangan, tidak ditemukan daging rusak maupun tidak sehat,” terangnya.  Dikatakan Arif Rusdi, ditempat-tempat pemotongan hewan, petugas selalu  memeriksa terlebih dahulu setiap hewan yang akan dipotong.
 
Dijelaskan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2009, konsumen berhak mendapatkan daging yang sehat dan aman. Pihaknya berharap kepada para pedagang maupun pemilik ternak untuk tidak menjual hewan maupun daging yang tidak sehat kepada masyarakat.

“Jika ditemukan ada pedagang yang menjual daging busuk dan semacamnya tentu akan dikenakan sanksi sesuai perbuatannya,” ancamnya. (tgh/lam)

Email Autoresponder indonesia