Jelang Puasa, Harga sembako mulai merangkak naik

635 views

Merica Harganya Melambung I oleh : A.Shohib

Maduracorner.com, Bangkalan – menjelang bulan suci Romadhan, harga sejumlah sembilan bahan pokok (sembako) di pasar tradisional Ki Lemah Duwur (KLD) kabupaten Bangkalan mulai merangkak naik, Harga palawija jenis merica misalnya sudah menembus Rp 150 ribu/Kg dari harga sebelumnya, Rp 125 ribu/kg.

Selain Merica, komoditas lainnya yang mengalami Kenaikan harga adalah bawang putih dari Rp 10 ribu/ kg naik menjadi Rp 13 ribu/ kg. Begitu juga harga bawang merah yang sebelumnya Rp 18 ribu/ kg naik menjadi Rp 24 ribu/kg. Telor ayam boiler yang sebelumnya seharga Rp 16 ribu/kg naik menjadi Rp 24 ribu/ kg.

Pedagang palawija di Pasar KLD Bangkalan, Mutma’inah mengatakan, kenaikan harga palwija ini terjadi sejak tiga hari yang lalu. Diperkirakan akan mengalami kenaikan hingga Lebaran nanti. “Tiap harinya naik di kisaran Rp 1000 hingga Rp 1.500/ kilogramnya,” kata Mutma’inah Rabu (25/6).

Selain kenaikan harga palawija, harga kopi pun ikut naik dari Rp 23 ribu/ kg naik menjadi Rp 28 ribu/ kg. “Stok barang normal. Pengiriman dari Surabaya berjalan lancar,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Pasar KLD Bangkalan Moh Busro mengemukakan, kenaikan harga palawija dan sembako sudah menjadi siklus tahunan menjelang bulan Puasa dan Lebaran. “Pengunjung juga mengalami peningkatan,” singkatnya. (shb)

Email Autoresponder indonesia