Jelang Tahun Baru, Harga Sembako Merangkak Naik

682 views
image

ang Tahun Baru, Harga Sembako Merangkak Naik

Maduracorner.com,Bangkalan- menjelang tahun baru 2013, harga sembilan bahan pokok (sembako) di pasar Tradisional Ki Lemah Duwur (KLD) Bangkalan merangkak naik. Salah satu komoditas yang naik itu adalah daging ayam yang sebelumnya Rp 24 ribu/kg, naik menjadi Rp 26 ribu/kg-nya. “Harga daging ayam sudah sejak dua hari lalu yang naik pak,” kata, Hj Ummiyah penjual daging ayam di pasar KLD, Jumat (28/12).

Karena sejak harga daging ayam naik, pembeli sepi. Agar tidak terus mengalami kerugian, Hj Ummiyah mengurangi dagangannya. “Ya kalau biasanya saya kulakan 20 kg, setelah harga daging ayam naik, saya kurangi, karena pembelinya juga ngak ada,” tutur Hj Ummiyah.

Kepala bagian Perekonomian, Setkab Bangkalan, Wasisno membenarkan adanya kenaikan harga sejumlah komoditas di pasar tradisional. “Dari pantauan tim ekonomi kmai dilapangan memang ada sejumlah barang yang mengalami kenaikan harga,” terang Wasisno.

Dijelaskan dia, sejumlah barang yang mengalami kenaikan menjelang tahun baru 2013 ini antara lain; daging ayam dari harga Rp 24 ribu naik menjadi Rp 26 ribu/kg-nya, bawang putih dari Rp 12 ribu/kg naik Rp 14 ribu/kg, barang Merah dari Rp 14 ribu/kg naik menjadi Rp 15 ribu, cabe erah dari Rp 10 ribu/kg naik Rp 12 ribu/kg dan cabe Rawit dari Rp 12 ribu/kg naik Rp 13 ribu/kgnya.

Lebih lanjut Wasisno menjelaskan, meskipun menjelang tahun baru ini, tidak semua komoditas yang dibutuhkan masyrakat mengalami kenaikan harga. “Hanya beberapa komoditas saja yang naik, sementara komoditas lain harganya tetrap stabil,” kata tukas Wasisno. (min).

Email Autoresponder indonesia