Jelang Tellasen Topa’ Harga Janur Melambung…

650 views

Harga janur ketupat naik dua kali lipat. I Oleh : Agus LemparJanur

Maduracorner.com.Bangkalan – Para pedagang janur Beberapa hari menjelang datangnya lebaran ketupat atau yang biasa disebut dengan tellasen topa’ mulai menikmati untung besar dari penjualan. Ribuan daun janur bahan pembuat ketupat tersebut ludes diserbu konsumen untuk kebutuhan lebaran…

Salah satu pedagang janur ketupat di pasar Ki Lemah Duwur Bangkalan mengaku, sekitar 1.200 lembar janur daganganya ludes di beli warga. Padahal dia menjual dengan harga di luar harga normal.

Berbeda dari tahun sebelumnya, harga janur ketupat naik dua kali lipat. Kalau sebelum nya harga ketupat berkisar 5.000 per seratusnya, tahun ini harga mencapai 15.000 per seratus. “Dulu saya hanya menjual dengan harga lima ribu, sekarang naik menjadi lima belas ribu,” ujarnya tanpa mau menyebutkan namanya ketika di temui Maduracorner.com.

Kenaikan harga ini disinyalir karena langkanya janur di saat musim kemarau. Akibatnya para pedagang janur juga kesulitan mendapatkan bahan ketupat tersebut sehingga mereka menaikan harga daun yang diambil dari pohon kelapa tersebut.

“Kalau menurut saya, harganya sudah wajar, soalnya musim sekarang ini cari janur atau daun muda pohon kelapa juga agak sulit, namun para pelanggan saya menyadarinya jadi meskipun mahal mereka tetap beli,” tambahnya…

Email Autoresponder indonesia