Jelang Tutup Tahun, Pencairan DD di Sumenep Belum Tuntas

291 views

Kepala DPMD Kabupaten Sumenep, Ach. Masuni. (FOTO: Sai)

SUMENEP, MADURACORNER.COM.- Menjelang tutup tahun 2018, pencairan Dana Desa (DD) tahap ketiga di Kabupaten Sumenep belum tuntas. Bahkan, sampai saat ini pencairan baru mencapai 40 persen dari total anggaran yang ada.

Berdasarkan data di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, dari 330 desa yang tersebar di wilayah daratan dan kepulauan baru 60 Desa yang mengajukan pencairan Dana Desa (DD) tahap ketiga kepada pemerintah setempat.

“Sekarang masih 60 desa yang mengajukan,” terang Kepala DPMD Sumenep, Ach. Masuni, Selasa (11/12/2018).

Dia meminta, desa-desa yang belum mengajukan pencairan DD tahap ketiga agar secepatnya melakukan. Supaya bisa segera direalisasikan sebelum tutup tahun.

Masuni juga mengingatkan agar dalam proses realisasinya, pemerintah di tingkat desa tetap melakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Jangan sampai karena waktunya mepet, realisasi DD tahap ketiga dilakukan asal-asalan. Harus tetap sesuai aturan. Yaitu melibatkan masyarakat. Jangan dikontrakkan,” tegasnya.

Keterlambatan pencairan DD di Sumenep bukan kali ini saja. Menurut Masuni, hal itu masih terjadi karena belum maksimalnya sumber daya manusia (SDM) yang ada. (*)

Penulis: Sai

Editor: Ahmad