Jemput Bola, Disdukcapil Pamekasan Rekam E-KTP di Lapas Kelas IIA Pamekasan

PAMEKASAN, MADURACORNER.COM- Menjelang pemilihan umum (Pemilu) pada April 2019 mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kamis 17 Januari 2019, melakukan perekaman KTP Elektronik terhadap narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A dan Lapas Narkotika Kelas II A Pamekasan.

Menurut Herman Kusnadi, Kepala Dinas Dispendukcapil Pamekasan mengatakan, kegiatan ini, merupakan agenda kegiatan program pemerintah baik dari pusat maupun kabupaten/kota. Hal itu, sudah sesuai dengan surat dari Kementrian Dalam Negeri untuk melaksanakan Gerakan Nasional Jemput Bola di Lapas atau Rutan se Indonesian.

Herman menegaskan, hal itu bertujuan, agar narapidana penghuni lembaga pemasyarakatan atau rumah tahanan yang tidak dicabut hak pilihnya, bisa menggunakan hak pilihnya dalam pemilu 2019 mendatang.

“Dalam pelaksanaan program pemerintah ini, untuk di lapas pamekasan hanya 12 orang yang harus mengikuti perekaman KTP Elektronik,” kata Herman Kusnadi, Kepala Dispendukcapil Pamekasan, kamis (17 /01).

Hal senada juga ditegaskan oleh Kalapas Kelas II A Pamekasan, M. Hanafi. Menurutnya, dengan adanya program kerjasama dengan Dispendukcapil dan KPU, pihaknya akan berupaya penuh untuk memperjuangkan hak-hak politiknya para narapidana lapas kelas II A Pamekasan yang tidak dicabut hak politiknya. Khusunya, bagi masyarakat binaan yang berasal dari luar daerah.

“Mereka,.. Warga binaan yang masuk ke lapas kelas IIA Pamekasan, pada waktu ditangkap dan diserahkan rata-rata tidak disertakan kartu tanda penduduk,” tegas M. Hanfi, Kalapas Kelas II A Pamekasan.

M. Hanfi, Kalapas Kelas II A Pamekasan, menerangkan bahwa Jumlah total warga binaan Lapas Kelas IIA Pamekasan ada sebanyak 1002 orang warga binaan. Dengan rincian, untuk warga binaan asal Kabupaten Pamekasan sebanyak 137 orang. Sedangkan selebihnya sebanyak 865 orang, merupakan warga binaan lapar kelas IIA Pamekasan yang berasal dari luar daerah Kabupaten Pamekasan. (NANG)