Jika Positif Pakai Narkoba, Calon Kades Bisa Langsung Didiskualifikasi

image

Sampang,maduracorner.com – Pemkab Sampang memberlakukan seleksi ketat terhadap warganya yang ingin menjadi Kepala Desa. Salah satu persyaratannya yakni harus bebas dari pengaruh narkoba. Proses penyaringan ini akan dilakukan sejak tahapan Calon Kepala Desa (Cakades).

Hal itu di sampaikan langsung oleh Bupati Sampang Fannan Hasib. Menurutnya, cakades yang akan bertarung di politik desa itu terlebih dahulu bakal menjalani tes urine. Sebab, pihaknya menginginkan semua pejabat di Sampang hingga tingkat desa harus  bebas dari jeratan narkoba.

“Kami tidak akan segan mengeluarkan cakades yang positif naroba. Kepala desa harus bebas narkoba,”tegas Fannan Hasib usai menghadiri acara saresahan politik desa di Balai Pertemuan Umun (BPU) Sampang, selasa (28/04/2015) siang.

Fannan mengaku, kebijakan itu atas permintaan dari para tokoh masyarakat dan ulama Sampang. Tujuan jelas, yakni menjungjung tinggi moralitas masyarakat.

Sementara itu, pelaksana harian Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sampang,  Rudy Setiadi juga mengaku sudah merencanakan bakal melakukan tes urine cakades tersebut. Namun, belum bisa memastikan waktunya karena masih menunggu Peraturan Bupati (Perbup).

“Kalau rencana BNK dan permintaan dari para tokoh dan ulama, kita didesak melakukan tes urine. Apabila ditemukan positif narkoba, cakades akan langsung kita diskualifikasi dari pencalonan,”tutur Rudy kepada maduracorner.com. (son/mad)

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor : Mamad El Shaarawy

Email Autoresponder indonesia