Jika Proyek Terminal di Akses Suramadu Selesai, Trayek Transportasi di Bangkalan Pasti Berubah

image

Mobil Angkutan Umum

Bangkalan, maduracorner.com – Jalur trayek untuk MPU di wilayah Bangkalan akan segera diperbaharui. Hal ini seiiring perubahan ruas jalan dan pembangunan di kota yang kini berjuluk Kota Dzikir dan Shalawat tersebut. Namun perubahan trayek ini masih harus menunggu selesainya proyek terminal yang sedang dalam proses pembangunan di jalan akses Suramadu.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dishubkominfo Bangkalan Abd Hamed kepada maduracorner.com, senin (7/9/2015). Menurutnya, ketika terminal tipe A di akses Suramadu yang terletak di Desa Masaran, Kecamatan Tragah sudah beroperasi, maka dipastikan akan ada perubahan trayek oleh Provinsi Jawa Timur.

“Pasti ada perubahan tapi menunggu terminal itu beroperasi. Bagaimanpun juga, usulan Organda tetap kami tampung sebagai masukan berharga bagi kami,”ujar Hamed saat ditemui di ruangannya.

Mantan Kasat Pol PP Bangkalan ini juga menjelaskan, perubahan trayek antar kabupaten bukan menjadi kewenangannya melainkan kewenangan Dishub Provinsi Jatim. “Semisal trayek Sumenep – Bangkalan (pelabuhan Kamal). Hanya Dishub Propinsi Jatim yang bisa mengubahnya. Kami tak berwenang. Karena kami hanya mengatur trayek perkotaan dan pedesaan saja,”jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pihak Organisasi Gabungan Angkutan Darat (Organda) kabupaten Bangkalan mendesak Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) setempat segera melakukan peremajaan trayek.

Desakan ini didasarkan pada kenyataan, bahwa trayek saat ini sudah tidak cocok lagi dengan perubahan dan perkembangan jalur transportasi di wilayah Kabupaten Bangkalan. Selain itu, desakan perubahan trayek tersebut juga untuk memperbaiki pendapatan para sopir MPU terutama yang melayani jalur kota. (mad)

Penulis: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia