Jokowi Buka Muktamar Muhammadiyah di Makassar Pagi Ini

1161 views
Lokasi Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar, Sulawesi Selatan. (Detik.com/M Iqbal)

Lokasi Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar, Sulawesi Selatan. (Detik.com/M Iqbal)

Makassar, Maduracorner.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan membuka Muktamar Muhammaduyah ke-47 di Makassar, Sulawesi Selatan pada Senin (3/8). Cara Muktamar ini berbarengan dengan peringatan satu Abad Aisyiyah.

Berdasarkan agenda resmi kepresidenan yang diterima CNN Indonesia, Presiden akan meresmikan pembukaan acara tersebut pada pukul 08.30 WITA.

Print

Print

Pelaksanaan Muktamar didahului dengan Sidang Tanwir kemarin. Setelah dibuka oleh Jokowi, muktamar yang akan berlangsung hingga Jumat (7/8) akan ditutup oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam acara ini akan ditentukan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Namun, yang memilih Ketua Umum itu nantinya bukan peserta muktamar atau muktamirin, melainkan oleh 13 orang yang tergabung dalam tim formatur.

Menurut Bendahara Umum PP Muhammadiyah Anwar Abbas, dalam sidang kemarin, 82 nama calon fomatur sudah dikerucutkan menjadi 39 nama oleh sidang tanwir. 39 nama tersebut yang nantinya akan dibawa ke Muktamar untuk memilih 13 nama tim formatur.

“Muktamar akan memilih 13 orang sebagai tim formatur,” kata Anwar kepada CNN Indonesia, Ahad (2/8).Tim formatur ini nantinya yang berwenang memilih nama-nama  pengurus PP Muhammdiyah, termasuk Ketua Umum.

pemandangan-dari-atas-alun-alun-yang-akan-digunakan-sebagai-tempat-_150731113406-344

Calon tim formatur itu ditetapkan berdasarkan usulan dari tiap Pimpinan Wilayah Muhammadiyah yang masuk ke PP Muhammadiyah. Nama-nama tersebut diproses oleh panitia pemilih dengan persyaratan blanko kesediaan menjadi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, surat pernyataan tidak aktif dalam kegiatan partai politik atau bersedia mundur jika nantinya terpilih sebagai Pimpinan Pusat.

Ketua Umum PP Muhammdiyah selanjutnya akan dipilih oleh 13 orang itu. Menurut Anwar, siapa yang terpilih nanti bisa dari 13 orang ini atau bahkan dari luar 13 orang ini.

“Tapi biasanya yang sejak awal mendapat suara terbanyak, akan terpilih menjadi ketua umum,” kata Anwar. Nama Anwar sendiri jadi salah satu calon tim formatur yang berjumlah 82 orang tersebut.

Sumber : (obs) – CNN

By : Jiddan

Email Autoresponder indonesia