Jumlah DPS Pemilukada Bangkalan 897.987 pemilih

746 views

Maduracorner.com, Bangkalan – KPUD Bangkalan menyerahkan Daftar Pemilih sementara (DPS) pemilukada Bangkalan kepada pasangan Bakal Calon Bupati dan Bakal calon Wakil bupati yang akan berlaga dalam pemilukada nanti tanggal 12-12-2012. KPUD menyerahkan DPS itu secara tranparan yaitu by name by Andres di masing-masing TPS.

“DPS yang kita serahkan by name by Andres ini tidak akurat 100 persen, makanya DPS ini kita serahkan untuk dilakukanperbaikan secara bersama-sama,” kata Ketua KPUD Bangkalan, Fauzan Jakfar usai memimpin Rapat pleno terbuka penetapan rekapitulasi daftar pemilih sementara pemilihan umum kepala daerah dan wakil Kepala Daerah kabupaten bangkalan tahun 2012 dan penyerahan DPS, di Aula PKPRI Bangkalan, Senin (17/09).

Dijelaskan Fauzan, DPS yang diserahkan ini masih akan dilakukan perbaikan oleh PPS dan P2DP serta pasangan bakal calon Bupati dan bakal calon wakil bupati. “Jadi ketika ada ketidak cocokan data DPS langsung laporkan ke PPS atau P2DP atau bisa dilaporkan langsung ke kami,” terang Fauzan.

Lebih lanjut Fauzan menjelaskan, setelah dilakukan perbaikan sesuai dengan jadwal yang ada yakni selama 1 bulan, maka DPS ini akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih tetap (DPT). “Tanggal 18 Oktober hari terakhir penetapan dari DPS ke DPT, dan setelah tanggal itu tidak ada lagi masa perbaikan,” tuturnya.

Oleh sebab itu kata Fauzan, KPUD mengharapkan kepada semua pasangan bakal calon untuk memanfaatkan waktu 1 bulan masa perbaikan DPS ini sebaik mungkin. “DPS sudah sangat transparan, karena proses pemuktahiran data ini kami lakukan secara terbuka,” paparnya.

Jumlah pemilih dalam DPS pemilukada Bangkalan yang diserahkan dalam rapat pleno itu sebanyak 897.987 pemilih dengan rincinan pemilih laki-laki sebanyak 436.560 dan pemilih perempuan sebanyak 461.427 pemilih dengan jumlah TPS 1854.

Setelah ditanda tangani oleh Ketua KPUD bangkalan, berkas DPS itu kemudian diserahkan kepada tiga wakil pasangan bakal calon buopati dan wakil Bupati. Disaksikan oleh unsure kejaksaan, Kepolisian dan Pengadilan Negeri Bangkalan. (min).

Teks foto : ketua KPUD Bangkalan saat menanda tangani berkas DPS pemilukada Bangkalan.

Email Autoresponder indonesia