Jumlah Penderita Difteri Terus Meningkat

703 views

Bangkalan,Maduracorner.com– jumlah penderita Difteri di kabupaten Bangkalan dari tahun ke tahun jumlahnya terus meningkat. Pada tahun 2012 ada 64 kasus, sementara pada tahun 2013 naik menjadi 76 kasus. “Tinggi penderita Difteri ini karena imunisasi dasar tidak lengkap, jadi mereka yang terkena difteri karena imunisaasinya kurang,” terang Kabid pembertansan penyakit menular dan penyehatan Linggkungan (P2PL)  Dinkes Bangkalan, Walid Yusuf, Senin (29/09/2014)

Dijelaskan dia, pada tahun  2012 64 kasus difteri itu yang psitif Difteri 27 orang rinciannya 36 dewasa yang hasil lab-nya postif 27 orang, sementara 4 orang meninggal dunia. Sedangkan pada tahun 2013 jumlah penderita difteri naik menjadi 76 kasus yang  positif 12 orang dan yang  meninggal 4 dewasa.

Dikatakan Yusuf Walid, semenatara Pada tahun 2014 ini jumlah penderita defteri ada ada 7 kasus. “Alhamdulillah pada tahun 2014 ini penderita defteri menurun dan saya lihat adanya kasus defteri ini karena kurang sadarnya masyarakat terhadap pentingnya imunisasi dasar langkap,” kata Yusuf Walid.

Jadi kata Yusuf Walid, masyarakat yang terkena difteri itu karena imunisasinya tidak lengkap.”Makanya sekarang ini Imunisasinya kita pantau terus, dan dalam rangka mengantisipasi itu kita buat Sistem (PWS)  pelaporan wilayah setempat, by name by andres
Setiap anak yang lahir harus mempunyai KIA,” pungkas Yusuf Walid.

Penulis : Anto
Editor.  : Sohib

Email Autoresponder indonesia