Jumlah Peserta Pilkades Serentak di Bangkalan Bertambah 8 Desa

image

Ilustrasi

Bangkalan, maduracorner.com – Kepala Bappemas dan Pemdes Bangkalan, Ismet Effendi memastikan, bahwa jumlah peserta pemilihan kepala desa (pilkades) serentak gelombang dua di Kabupaten Bangkalan akan bertambah. Hal tersebut diungkapkannya kepada maduracorner.com, rabu, (13/1/2016).

Mantan Camat Burneh ini menjelaskan, pelaksanaan pilkades serentak Bangkalan 2016 dengan anggaran biaya sekitar Rp 7,8 milyar tersebut semula akan diikuti 134 desa. Namun jumlah desa ini akan bertambah menjadi 142 desa. “Karena ada 8 kepala desa yang akan berakhir masa jabatannya pada April 2016, maka 8 desa tersebut juga akan ikut pilkades gelombang kedua nanti”,jelas Ismet. “Penambahan tersebut sebagaimana permintaan dari pihak desa yang bersangkutan”,imbuhnya.

Mengenai waktu pelaksanaannya, Ismet mengatakan, ada kemungkinan akan ditunda. Hal ini tercetus usai adanya hearing dan konsultasi antara Bappemas Pemdes Bangkalan dan Kabag Hukum Pemkab Bangkalan dengan Komisi A DPRD Bangkalan. “Semula jadwal akan digelar bulan juni mendatang. Tapi kayaknya akan ditunda”,ungkapnya.

“Pembahasan mengenai hal tersebut akan dilanjutkan pada hearing berikutnya dengan mengundang beberapa ahli hukum untuk memberi masukan tentang Perbup no. 1/2015 tentang petunjuk pelaksanaan pilkades. Hal ini dilakukan agar tidak muncul persoalan hukum pada saat dan sesudah pelaksanaan”,paparnya. (yan/mad)

Penulis: Aryan
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia