Jumlah TKI di Bangkalan Menunjukkan Tren Menurun

972 views

 

Dinsos Menilai Ini Tren Yang Positif | oleh : agus
Maduracorner.com, Bangkalan – Jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal kabupaten Bangkalan saat ini mengalami penurunan. Penurunan ini ditengara faktor kekhawatiran akibat maraknya kasus kekerasan yang menimpa TKI di luar negeri.

Berdasarkan data yang dihimpun, pada tahun 2011 TKI asal kabupaten Bangkalan  mencapai 113 orang, 61 perempuan dan 52 laki-laki. Jumlah tersebut relatif cukup  tinggi. Namun, pada tahun 2012 angka itu mangalami penurunan yang signifikan, TKI yang tercatat hanya berjumlah 48 orang, 19 orang laki-laki dan 29 perempuan.

“Kami berharap jumlah TKI ini akan terus menunjukkan tren menurun sehingga tidak ada lagi TKI asal Bangkalan, karena selama masih bisa bekerja di sini buat apa juga jauh-jauh ke negeri orang,” ungkap Kepala Dinsosnakertrans Ismed Hariyadi melalui Sekretaris, Siti Aminah.

Dia menambahkan, pendataan TKI ini dilakukan setiap akhir tahun. Terkait tren jumlah TKI yang terus menurun, baginya menunjukkan hal yang sangat positif. Dia berharap, sisi positif ini akan dibarengi dengan luasnya akses lapangan pekerjaan di dalam negeri. Sehingga dapat menekan keinginan dan ketertarikan masyarakat untuk menjadi TKI.

“Sebab, menjadi TKI tidak menjamin akan menjadikan kehidupan lebih baik. Apalagi dengan skill yang terbatas,” pungkasnya.(gus/krs)

Email Autoresponder indonesia