Juru Potong Hewan Di Bangkalan Minim Pengetahuan

847 views

Maduracorner.com, Bangkalan, Pemotongan unggas atau ayam oleh sejumlah pedagang hewan harus benar benar berhati – hati. Sebab, apabila terjadi penyembelihan atau pemotongan yang salah dan tidak sesuai dengan syariat islam maka hewan yang disembelih tersebut termasuk bangkai. Dan tentu, hukum dalam syariat islam menjadi haram.

“Sementara di sejumlah pasar besar di Bangkalan masih banyak pemotong unggas yang tidak berhati hati karna hanya sebatas mengejar cepat selesai,” kata Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bangkalan KH. Syarifuddin Damanhuri, usai mengisi materi workhop Juru Sembelih Halal Kepada 25 orang Takmir Masjid di Ruang Sujaki Setda Kabupaten Bangkalan, Kamis, (25/07/2019).

Dalam kesempaan itu, Ketua MUI bertujuan mengisi kegiatan kepada 25 takmir masjid tersebut agar konsumen atau masyarakat di Bangkalan bisa membeli makan makanan yang halal.

“Terutama daging hewan dan daging unggas. sehingga walaupun mereka itu tidak tahu proses penyembelihannya maka tetap saja pengaruhnya makan makanan haram itu akan menjadikan hati beku dan pada akhir bandel,” ungkapnya.

Sehingg MUI menghimbau kepada lapisan masyarakat untuk selektif membeli hewan potong dari aspek sambelihannya, entah itu unggas dan daging lainnya.

“Agar Membeli makanan yang halal dan tayyibah. Yaitu bagaimana cara penyembelihanya, serta tepat menurut syariat dan etika penyembeli itu harus seperti apa,” tambahnya.

Di Bangkalan sendiri tingkat kebenaran penyembelih unggas. Menurutnya sudah melakukan pengecekan di salah satu pasar besar di kota Bangkalan dan membeli leher bekas penyembeliannya sebanyak 5 biji dan ternyata hanya 1 satu yang benar penyembihannya.

“Jadi 80 persen di bangkalan masih belum syah. Oleh karena itu kami berharap kepada masyarakat supaya diteliti. Apabila melihat ditenggorokannya itu tidak putus aliran makan serta napas dan bulu darah maka jangan dibeli. dan kepada juru potong supaya belajar agar tidak memilik tanggung jawab nanti dihadapan Allah,” pungkasnya (tkn).

Email Autoresponder indonesia