K-Conk Kaltim: “Kami Bangga Sepakbola Madura Kian maju!”

697 views
K-Conk Kaltim: “Kami Bangga Sepakbola Madura Kian maju!”

K-Conk Kaltim: “Kami Bangga Sepakbola Madura Kian maju!”

Bangga Sepakbola Madura Maju | Oleh : Mamad
Maduracorner.com, Bangkalan – Naikknya pamor sepakbola Madura di ranah nasional benar-benar memberi gairah baru. Hal ini seiring kebangkitan olahraga rakyat tersebut lewat Persepam Madura United (PMU) di ISL maupun Perseba Bangkalan di Divisi Utama. Gairah tersebut tidak hanya di pulau Madura saja, namun juga bagi mereka yang sedang merantau. Bagi orang-orang Madura perantauan ini, mereka kini bisa membanggakan diri di depan pencinta sepakbola Indonesia lainnya.Hal ini pula yang memantik orang Madura di rantau tersebut guna membentuk kelompok supporter di tempat mereka bermukim.

Seperti halnya yang dilakukan oleh M Rifa’i. Laki-laki asal desa Langkap, Kec Burneh, Bangkalan ini mengaku sangat antusias mengkoordinir orang Madura di Kota Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.“Disini belum ada kelompok supporter Madura yang resmi. Padahal sepakbola Madura mulai menjadi perbincangan masyarakat. Apalagi sejak PMU bisa mengalahkan Mitra Kukar di Stadion Gelora Bangkalan beberapa waktu lalu”,cerita Rifa’i saat dihubungi melalui telephone selulernya, jumat sore (22/03). 

Antusiasme Rifa’i ini bukan omong kosong. Demi membentuk supporter resmi, ia mengirimkan orang ke Mabes K-Conk. Tujuannya meminta surat rekomendasi resmi dari Mabes K-Conk untuk membentuk Korwil K-Conk Kaltim. “Beberapa waktu yang lalu atas saran dari pihak kepolisian setempat, kami diminta untuk meminta surat rekomendasi tersebut. Kami tak tahu buat apa. Mungkin agar setiap kelompok supporter di sini tercatat di database pihak kepolisian”,tutur Rifa’i yang mengaku sudah mencari nafkah di Tenggarong sejak 1982 tersebut.

Laki-laki 50 tahun tersebut dengan penuh semangat menceritakan, jika nanti sudah terbentuk, pihaknya akan mengkoordinir seluruh orang Madura di Kalimantan Timur yang jumlahnya ratusan. Mereka berasal dari 4 kabupaten di Madura. “Ada sekitar 300 hingga 500 orang Madura disini yang saya pikir mereka pasti antusias dengan sepakbola”,kata Rifa’i dengan penuh keyakinan.

“Jika sudah terbentuk resmi, maka saat PMU bertandang ke Kaltim, kami siap memberikan dukungan penuh. Bahkan kalau ada supporter Madura yang datang kesini, kami siap menyambut dan menjamu mereka”,sambungnya dengan tertawa kecil. Rifa’i mengaku, saat PMU melawan Persiba Balikpapan, dirinya bersama orang-orang Madura berangkat dari Tenggarong guna memberikan dukungan langsung.

Di Propinsi Kalimantan Timur, saat ini tercatat ada 4 tim yang berlaga di ISL. Yakni Persisam Samarinda, Mitra Kukar, Persiba Balikpapan dan Barito Putra. “Kami akan menunggu laga away PMU saat melawat ke Mitra Kukar dan Persisam. Kami akan hadir. Apalagi ke Samarinda hanya sekitar 1 jam perjalanan”,pungkasnya. (mad)

Email Autoresponder indonesia