Kabupaten Sampang Peringkat Pertama Penderita Kusta Se-Madura

image

Wasor Kusta Dinkes Sampang, Rahmat Sugiono

Sampang,Maduracorner.com- Penderita penyakit kusat di Kabupaten Sampang terbilang masih cukup tinggi, meski jumlah warga yang terserang kusta mulai menurun namun Kabupaten Sampang menduduki peringkat kedua se-Jawa Timur.

“Kabupaten Sampang menempati peringkat kedua se-Jawa Timur setelah Kabupaten Sumenep. Apabila dibagi dengan akumulatif  total jumlah penduduk maka Kabupaten Sampang peringkat pertama terbanyak jumlah penderita kusta,” Jelas Wasor Kusta Dinkes Sampang, Rahmat Sugiono. Rabu (14/01/2015).

Dari data terkahir penemuan penyakit kusta di Kabupaten Sampang hingga tahun 2014, ada sebanyak 389 penderita kusta, jumlah itu menurun tipis apabila dibandingkan dengan jumlah penderita kusta pada tahun 2013 yang mencapai 399 penderita kusta.

“Untuk meminimalisir penyebaran penyakit kusta, sejak tahun 2012 Kabupaten Sampang melakukan uji coba penanganan kusta untuk pencegahan dengan memberikan obat satu kali minum terhadap kontak penderita. Seperti terhadap keluarga penderita dan masyarakat dilingkungan sekitar penderita. Hasilnya cukup signifikan dan jumlahnya semakin menurun”. Pungkas.

Dari data Dinas Kesehatan Sampang, dari total jumlah penderita kusta, terbanyak berada di Kabupaten Omben, Kedungdung dan Sokobenah. Sedangkan penderita kusta di Sampang Kota umumnya berasal dari warga pendatang diluar Sampang Kota.

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor  :  Sohib

Email Autoresponder indonesia