Kadar Oksigen Pulau GiliIyang Lampaui Standar

726 views
tim beberkan hasil survey kadar oksigen. foto : akhmad/mc.com

tim beberkan hasil survey kadar oksigen. foto : akhmad/mc.com

Tim BBTKLP Teliti Kualitas Udara Giliyang | oleh : akhmad
Maduracorner.com, Sumenep-Siapa sangka, ditengah era isu global tentang degradasi lingkungan ternyata ada kawasan yang kualitas udaranya justru diatas standar mutu.   Yaitu pulau Gili Iyang, yang tercatat kadar oksigennya berada diatas baku mutu normal Oksigen di alam, yakni 21, 5 persen. Catatan itu sekaligus membuktikan bahwa ada peningkatan kualitas, karena hasil pengukuran sebelumnya pada tahun 2006 oleh LAPAN, kadar oksigen di situ masih tercatat sebesar 21 persen.

Meski begitu, hasil penelitian Tim Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLP) Surabaya ini belum menemukan faktor penyebab tingginya kualitas oksigen di Pulau Gili Iyang.

Selain itu, BBTKLP juga mencatat kandungan Karbondioksida (CO2)  265 persen, atau jauh lebih rendah dari ambang batas sebesar 387 persen.

“Hasil penelitian kami menunjukkan kondisi udara di Pulau Giliyang berada di atas baku mutu normal ” ungkap Kepala BBTKLP Surabaya Zainal Ilyas Nampirat.

Sayangnya Zainal dan Tim belum bisa memastikan faktor apa saja yang menyebabkan kandungan oksigen Gili Iyang  sebagus itu, karena harus melakukan penelitian lebih lanjut. Namun melihat hasil pengukuran yang dilakukan ada indikasi jika meningkatnya oksigen dapat dipengaruhi angin yang bergerak.

“Untuk saat ini kami belum bisa mengetahui penyebab kandungan oksigen di sini bagus, Mungkin juga ada pengaruh dari Angin,”ungkapnya.(akh/krs)

Email Autoresponder indonesia