Kadisdik Minta, Siswa Diminta PD Hadapi Unas

594 views

Siswa Diminta PD Menghadapi Unas 2013   |    Oleh : Aryan

Kasie Kurikulum SMP/SMA/SMK Disdik Bangkalan Risman Hariyanto-Foto : Aryan/MC.com

Kasie Kurikulum SMP/SMA/SMK Disdik Bangkalan Risman Hariyanto-Foto : Aryan/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– Kepala Disdik Bangkalan, Moh.Mohni melalui Kasie Kurikulum SMP/SMA/SMK Disdik Bangkalan, Risman Hariyanto menjelang H-3 pelaksanaan Unas SMA Sederajat di Kabupaten Bangkalan berharap kepada para kepala sekolah (kasek) dan guru SMA, SMK dan MA agar mampu menenangkan siswanya dalam menghadapi Unas tahun 2013 ini. “Bapak Kepala Disdik Bangkalan berharap kepada para kasek dan guru sekolah masing – masing supaya mampu menenangkan siswanya menghadapi Unas kali ini. Sedangkan kepada siswa sebagai peserta Unas diminta menanamkan rasa Percaya Diri (PD) yang lebih dalam menjawab soal-soal Unas 2013,” ujar Risman Hariyanto kepada MC.com, Minggu (14/04).

Menurut Risman, pesan itu disampaikan oleh Kadisdik karena adanya keresahan dikalangan siswa terkait adanya perubahan varians atau model soal dari 5 varians ke 20 varians pada Ujian Nasional (Unas) 2013 ini. “Bapak Kadisdik sempat menangkap munculnya keresahan siswa kelas XII itu, makanya selalu mewanti – wanti agar siswa tidak perlu berkecil hati dan tetap tenang menghadapi Unas tahun ini. Apalagi dari H-7 hingga H- 4 para siswa sudah diikutkan try out dan latihan menjawab soal Unas,” kata Risman.
Kalau siswa tenang dan jeli, lanjut Risman, perubahan 5 varians ke 20 varians itu hanya masalah peletakan soal materi Unas yang diacak termasuk pada Lembaran Jawaban Kerja (LJK) juga tempatnya diacak. Sejatinya soal materi ujian tahun sebelumnya dengan yang sekarang ini letaknya hanya pada model pertanyaan yang diperkaya dengan ramuan bahasa dan LJK -nya nyaris mirip- mirip sedikit. Tapi kalau siswa tidak tegang dan panik pasti bisa membedakan mana jawaban yang menjebak dan mana jawaban yang benar. “Meski model soalnya dirubah dari 5 varians  menjadi 20 varian namun saya masih yakin tingkat kelulusan siswa sama dengan tahun yang lalu,” pungkas Risman. (yan/min)

Email Autoresponder indonesia