Kalangan Akademisi Evaluasi kepemimpinan Bupati Momon

757 views
Refleksi Akhir Tahun-foto: Aryan/MC.com

Refleksi Akhir Tahun-foto: Aryan/MC.com

Bupati terima Masukan dan Koreksi dari masyarakat | Oleh : Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – Dengan thema Wujudkan Bangkalan yang Makmur, Mandiri dan Agamis. Refleksi akhir tahun 2013 yang digelar di pendopo R Pratanu, Senin, (23/12) kalangan akademisi mengevaluasi kepemimpinan Bupati Bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad.

Dalam acara yang dipandu oleh budayawan muda dari Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya Abrori Zainudin dan nara sumber tokoh muda dari Unijoyo Bangkalan, Moh.Syafik mereka mencoba meneropong dari perspektif akademis.

Menurut akhli hukum dan tokoh muda dosen UTM Moh.Syafik, refleksi akhir tahun ini, selain sebagai wadah evaluasi jalannya roda kepemerintahan Bupati Bangkalan juga memberi penilaian tentang kelebihan kekurangan, kegagalan yang telah dicapai dan masukan kepada Bupati Bangkalan, RK.Muhammad Ibnu Fuad yang akrab dipanggil Ra Momon selama tahun 2013.

Dikatakan Syafik Kelebihannya, dari aspek pembangunan inprastruktur
berupa peningkatan prasarana sarana jalan, gedung olahraga, pendidikan, kesehatan, pembangunan taman kota, bidang keagamaan tidak terjadi disharmoni agama, stabilias politik cukup terkendali karena adanya keterbukaan pemkab Bangkalan.
“Ini perlu dipertahankan dan lebih di tingkatkan lagi termasuk portal/webb site) juga sudah memenuhi standar ,” ujar Syafik.

Sedangkan kekurangannya, produk- produk peraturan daerah (Perda) yang berlaku sejak diundangkan masih kurang, portal/webbsite perlu di update terus. Sedangkan kelemahan paling utama dari Pemkab.Bangkalan adalah komitmen untuk meningkatkan SDM. Terutama dalam masalah sumber daya SDM, dalam pengelolaaannya dipandang perlu ada sentuhan dan diprogram sesuai profesi masing-masing. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi masuknya industri diseputar wilayah suramadu, sangat dibutuhkan kesiapan SDM. Minimal dalam perekrutannya diisi tenaga lokal sekita 40 persen sehingga tidak ada kesan orang Madura hanyatidak ada kesan orang Madura hanya sebagai penonton dirumahnya sendiri.

Sementara itu, Ra Momon dalam tanggapannya mengenai kelebihan dan kekurangannya selama 1 tahun kepemimpinannya itu mengatakan sangat berterimakasih atas berbagai saran, pendapat, kritik, dan masukan yang diberikan oleh dan dari berbagai komunitas.

Refleksi akhir tahun 2013 yang digelar di pendopo Pratanu, diikuti ratusan peserta terdiri dari LSM, tokoh muda, tokoh masyarakat, ulama, instansi lintas sektoral komunitas masyarakat lainnya. juga dihadiri Bupati Bangkalan, Wabup Bangkalan, Ketua DPRD Bangkalan, unsur Muspida Bangkalan dan pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Bangkalan. (yan/shb)

Email Autoresponder indonesia