Kapal Cepat Gagal Bertolak ke Kepulauan

735 views

Cuaca Buruk | oleh : Teguh

Maduracorner.com, Sumenep-Kapal Cepat Express Bahari 3-C milik PT. Sakti Inti Makmur (SIM), jurusan Kalianget-Kangean,  Senin (26/5) gagal bertolak ke kepulauan.  Hal itu karena  cuaca buruk di Perairan Sumenep, mencapai ketinggian ombak antara 2,5 hingga 3 meter. Tentu saja kondisi itu sangat berbahaya bagi pelayaran.

Kepala Cabang PT. SIM Cabang Kalianget, Superi mengakui jika selama 2 hari, sejak Senin (26/5) ini sampai Selasa (27/5) besok tidak akan memberangkatkan armadanya.

“Sesuai informasi dari BMG Sumenep, bahwa selama 2 hari ini cuaca di perairan Sumenep sangat ekstrim. Ketinggian ombak antara 2,5 hingga 3 meter, kapal pun dilarang beroperasi, khususnya kapal cepat,” terang Superi, Senin (26/5).

Bagi calon penumpang yang sudah membeli tiket, lanjut Superi, pihaknya bertanggung jawab dengan akan mengembalikan  secara utuh uang tiket tanpa ada potongan sepersen pun.

“Ini faktor alam yang menyebabkan kapal kami tidak bisa bertolak. Kami harus mengedepankan keselamatan penumpang. Untuk itu, kami akan bertanggung jawab secara penuh terhadap keuangan tiket,” ucapnya.

Sementara, Kepala BMG Sumenep, Joko Sulistiyo, membenarkan jika tinggi gelombang di perairan Sumenep, saat ini mencapai 2,5 hingga 3 meter. Lalu kecepatan angin antara 38 hingga 45 kilometer/jam.

“Tentu saja kondisi ini sangat berbahaya bagi pelayaran. Kami menghimbau kepada kapal sebagai alat transportasi laut untuk menunda pelayaran hingga menunggu cuaca kembali baik,” ungkapnya.

Kata Joko Susilo, diperkirakan selama 2 hari kedepan cuaca ekstrem masih menyelimuti perairan Sumenep.  “Kami akan pantau setiap hari perkembangan cuaca di Sumenep,” pungkasnya. (tgh/lam)

Email Autoresponder indonesia