Kapal Tongkang Karjon Tak Layak, Dewan Desak Dishub Tak Berikan Izin Operasi

Kapal Tongkang Karjon terserat arus di Pelabuhan Kalianget. (FOTO: Sai)

SUMENEP, MADURACORNER.COM-Pengoperasian Kapal Tongkang Karjon di Pelabuhan Kalianget-Talango Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menuai sorotan dari DPRD setempat. Salah satunya, datang dari Anggota Komisi II Akis Jazuli, minta Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep untuk tidak memberikan izin secara permanen pengoperasian Kapal Tongkang Karjon tersebut, sebab kapal karjon dinilai sudah kadaluwarsa tak layak dan mengkhawatirkan para penumpang di pelabuhan Kalianget – Talango.

“Kami minta ke Dinas terkait untuk tidak memberikan izin secara permanin Kapal Tongkang Karjon yang sudah tak layak itu, dan jika kedepan masih di operasikan akan kami persoalkan demi keselamatan penumpang,” kata Akis Jazuli pada awak media.

Menurut politisi partai NasDem itu, bila Kapal Tongkang Karjon yang umurnya sudah puluhan tahun tetap dipaksakan beroperasi akan mengancam nyawa para penumpang.

“Itu kan mengancam nyawa penumpang, kami menyayangkan dan akan mempersoalkan ketegasan kometmen Dishub itu berpihak pada Rakyatan apa tidak,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep Sustono belum bisa memberikan keterangan, bahkan dihubungi melalui saluran telepon selulernya belum juga merespon.

Untuk diketahui sebelumnya, Pada Kamis 21 maret 2019, Kapal Tongkang Karjon terseret arus saat muat penumpang di pelabuhan Kalianget – Talango.Para penumpang dievakuasi melalui perahu kecil, dan puluhan unit sepeda diturunkan melalui dua perahu kecil. Sementara dua mobil dan satu truk sampai saat ini masih tidak bisa dievakuasi. (*)

Penulis: Sai

Editor: Ahmad