Kapolres Bangkalan Tegaskan Tidak Ada Pungutan Biaya Pendaftaran Anggota Polri

Peserta pendaftaran penerimaan anggota Polri 2019. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan menegaskan, tidak ada pemungutan biaya pendaftaran dalam penerimaan anggota Polri 2019. Bahkan, ia juga mengancam memidanakan oknum polri yang nekat meminta uang dan menjanjikan kelulusan.

Hal itu, disampaikan ketika Sidang Kelulusan Pemeriksaan Administrasi Awal dan Penandatanganan Pakta Integritas Penerimaan Anggota Polri Secara Terpadu 2019, di Aula MAN Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Minggu (31/3/2019).

“Tidak ada pungli. Kalau ada yang mendengar dan memiliki bukti anggota polri atau pihak manapun menjanjikan kelulusan dengan sejumlah uang silahkan laporkan. Pasti kami tindak tegas,” cetus Boby.

Menurutnya, proses rekrutmen anggota polri menerapkan sistem BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis). Oleh sebab itu, para peserta penerimaan anggota polri jangan pernah percaya terhadap iming-iming dari siapapun yang menjanjikan kelulusan dengan imbalan sejumlah uang.

“Berusaha dan berjuanglah dengan keras, dan fokus, tanpa perlu menggunakan cara-cara curang agar lulus. Karena proses tidak akan pernah menghianatani hasil,” pesan Boby.

Dijelaskan, sebanyak 103 peserta penerimaan anggota polri tahun angkatan 2019 yang mendaftar di Polres Bangkalan dinyatakan lulus administrasi awal. Mereka terdiri dari peserta taruna dan taruni Akademi Kepolisian (Akpol), Bintara, serta Tamtama.

“Peserta yang dinyatakan lulus administrasi awal, tinggal melanjutkan ke tahap selanjutnya di Polda Jawa Timur,” tutur Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad

Email Autoresponder indonesia