Kasubag Keuangan Bagian Umum Pemkab Bangkalan Ditahan

1974 views

 

0705fec4-d6ee-4689-a991-8cc949c0e18c

Bangkalan, maduracorner.com – Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bangkalan, menahan Kasubag Keuangan Bagian Umum, Sekertariat Kabupaten Bangkalan, Ermi, Senin (14/11/2016).

Sebelum ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa tahun 2014, Ermi diperiksa selama hampir tujuh jam dari pukul 11.00 hingga 17.00 WIB.

“Dari pemeriksaan tadi, kami telah menemukan dua alat bukti yang menunjukkan keterlibatan tersangka,” kata Kasi Pidsus Kejari Bangkalan, Nur Hisyam kepada awak media.

Sekalipun dua alat bukti tersebut tidak disebutkan secara rinci, namun Hisyam menyatakan dalam KUHP dua alat bukti itu bisa berupa keterangan saksi dan dokumen atau surat menyurat.

“Yang pasti unsur dua alat bukti terpenuhi,” ungkapnya.

Sebelumnya, kejaksaan telah menahan Kepala Administrasi Bagus Hariyanto dalam kasus yang sama. Bagus merupakan bekas atasan Ermi, pada saat dugaan korupsi terjadi, Bagus menjabat Kepala Bagian Umum.

“Ermi adalah tersangka ke 2 dalam kasus ini,” imbuhnya.

Kasus korupsi ini terkuak setelah beredar hasil laporan Badan Pemeriksa Keuangan. Laporan itu menyebut ada kebocoran dalam APBD 2014 sebesar Rp 20 miliar. Salah satu terdeteksi pada pengadaan barang dan jasa di Bagian Umum senilai Rp 5,8 miliar.

BPK menemukan potensi korupsi di Bagian Umum senilai kurang lebih Rp 3,2 miliar. Modus yang dilakukan yaitu memalsukan stempel dan kwitansi dan memanipulasi laporan. Petunjuk inilah yang digunakan jaksa menahan Bagus dan Ermi.

“Kalau ada tambahan bukti lagi, akan ada tersangka lain,” tandasnya.(*)

 

Penulis: Heriyanto Ahmad
Editor: Achmad

Email Autoresponder indonesia