Kawal Kasus Perampasan Kamera Jurnalis, KJS Siapkan Advokat

355 views

Kasubbag Humas Polres Sumenep AKP Moh. Heri ketika memberikan keterangan kepada awak media. (FOTO: Sai)

SUMENEP, MADURACORNER.COM- Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS) telah menyiapkan advokat atau pengacara untuk mendampingi Nur Khalis. Jurnalis Kompas TV ini, menjadi korban perampasan kamera saat liputan kebakaran pabrik di Desa Lobuk, Kecamatan Bluto.

Peristiwa perampasan tersebut, diduga dilakukan salah seorang pegawai pabrik berkewarganegaraan asing. Namanya, Avazbek Ishbaev. Kasus ini, dilaporkan ke Polres Sumenep sesaat setelah kejadian pada Selasa, 22 Januari 2019.

“Advokat yang kami siapkan ialah Rausi Samorano dari LBH Bhakti Keadilan,” ucap Sekretaris KJS, Syamsuni, Rabu (30/1/2019).

Dia menegaskan, kasus dugaan menghalang-halangi tugas jurnalis dengan cara merampas kamera harus diproses hukum sampai tuntas. Sebab, tindakan demikian tidak dapat dibenarkan, dan termasuk perbuatan melawan hukum.

“Makanya kami sudah siapkan pengacara untuk mendampingi saudara Nur Khalis selama menjalani proses hukum,” tuturnya.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Sumenep AKP Moh. Heri menjelaskan, kasus perampasan kamera tersebut masih dalam proses penyelidikan. Termasuk, memeriksa saksi-saksi.

“Hari ini penyidik akan koordinasi ke Polsek Bluto untuk meminta keterangan. Setelah dianggap cukup, status penanganan perkaranya baru ditingkatkan,” ungkapnya.

Heri menjelaskan, sejauh ini penyidik telah memeriksa dua saksi. Salah satunya, anggota Polsek Bluto yang tengah bertugas di lokasi kebakaran dan mengetahui kronologis insiden perampasan.

“Terlapor belum kami periksa, penyidik masih memeriksa saksi-saksi dari korban,” tandasnya. (*)

Penulis: Sai

Editor: Riyan Mahesa