Kawal Pilkada Bangkalan 2012, Mahasiswa bentuk Tim Relawan Pemantau

Pemilukada Bangkalan | oleh Sumaryanto

Kawal Pilkada Bangkalan 2012, Mahasiswa bentuk Tim Relawan Pemantau-Foto: Sumaryanto/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – untuk ikut mengontrol dan mengawasi pelaksanaan pemilukada Bangkalan, mahasiswa membetuk tim relawan pemantau pilkada Bangkalan 2012. “Tim relawan ini sebagai sosial kontrol dan menjunjung tinggi sikap  idealisme serta independen diatas segalanya, mahasiswa akan kawal pelaksanaan Pilkada Bangkalan 2012 nanti,” ujar Ketua tim Koordinator Mahasiswa Bangkalan, Akhmad Subairi  Ketika membuka Seminar & Deklarasi Tim Relawan Mahasiswa Pemantau Pilkada Bangkalan 2012  di aula MAN Bangkalan, Sabtu, (24/11/2012).

Dalam seminar yang diikuti  oleh sekitar 300 mahasiswa dari UTM, STKIP, STITAL, STAIS, STAI HAMIYAH dan STITMO itu, Subairi mengatakan, nantinya tim relawan ini akan ditugaskan untuk memantau, mengawasi dan mencatat berbagai bentuk pelanggaran pelaksanaan pilkada Bangkalan, dengan mengedepankan sikap idealisme dan transparansi kepada publik. “Kiprah tim relawan  ini sebagai bentuk pengabdian mahasiswa dalam keikutsertaannya mengawal pemilu yang jujur, adil dan demokratis demi terwujudnya Bangkalan yang sejahtera,” tukasnya.

Sementar itu, nara sumber Fauzan,SH, mengatakan mahasiswa sebagai tim relawan pemantau pilkada Bangkalan 2012, harus memegang teguh sikap independen dan idealisme. Karena idealisme itu sebagai sebuah kekuatan jaringan mahasiswa yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Juga sebagai modal intelektualitas yang mempunyai kekuatan tersendiri untuk menggerakan mahasiswa dalam melakukan tugas sosial kontrolnya pada pilkada Bangkalan 2012.

Disisi lain kata Fauzan, selama ini masyarakat Bangkalan kan belum begitu tahu bobot dan kwalitas ketiga kontestan yang maju dipilkada Bangkalan 2012. “Makanya perlu digelar debat kandidat di forum resmi atau digedung wakil rakyat, agar masyarakat tahu visi dan misi dari masing- masing calon,” terang dosen FH UTM Bangkalan ini. (yan/min)

Email Autoresponder indonesia