Keamanan Pemilu 2019 Terjamin, Masyarakat Bangkalan Diminta Tak Takut Datang ke TPS

Simulasi pengamanan Pemilu 2019 di Alun-alun Kabupaten Bangkalan. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Polres Bangkalan, Madura, Jawa Timur, menjamin keamanan pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 mendatang. Masyarakat diminta tidak perlu takut untuk menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan suasana hati yang senang dan gembira.

Jaminan ini, disampaikan Wakapolres Bangkalan, Kompol Hendy Kurniawan usai menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam Rangka Pemilihan Legislatif dan Pilpres, Mantab Brata Polres Bangkalan di Alun-alun Kota, Kamis (4/4/2019).

“Kami, baik dari TNI-Polri maupun pemerintah daerah (Pemda) menjamin kemananan masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019,” tegas Hendy.

Ia menjelaskan, secara umum situasi di Kabupaten Bangkalan masih aman dan kondusif, sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun demikian, hal itu tidak mengurangi kewaspadaan saat pengamanan di lapangan.

“Ada beberapa wilayah yang tetap menjadi konsentrasi kami dalam pengamanan. Tapi, bukan berarti disebut zona merah,” ucap Hendy.

Dijelaskan, dalam pelaksanaan Pemilu 2019, Polres Bangkalan mengerahkan 350 personel dengan bantuan pasukan Brimob Polda Jawa Timur, dan 1 SSK pasukan Kodim 0829/Bangkalan. Ratusan personel itu, akan disebar ke sejumlah titik, termasuk di setiap TPS.

“Personel pengamanan nantinya kami sebar. Tidak terkonsentrasi pada satu titik saja untuk memudahkan pergeseran pasukan jika terjadi sesuatu yang perlu penanganan,” ucapnya.

Hendy mengungkap, kesiapan pengamanan Pemilu 2019, sudah tergambar dalam Sispamkota. Latihan pengamanan ini, difokuskan pada pencegahan dan penanggulangan terhadap tindakan yang tidak diinginkan. Seperti, aksi unjuk rasa dan perbuatan anarkis yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Sispamkota merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan sebagai gambaran kesiapan pengamanan Pemilu 2019,” papar Wakapolres Bangkalan, Kompol Hendy Kurniawan. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad