Kebiasaan Buang Sampah Sembarangan, Ancam Piala Adipura

745 views

Masyarakat Belum Peduli Kebersihan     | Oleh : A.Shohib

 

Tampak sampah di salah satu TPS masih berserakan-foto : dokumen/MC.com

Tampak sampah di salah satu TPS masih berserakan-foto : dokumen/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– piala Adipura yang telah diperoleh Pemkab Bangkalan setiap tahunnya kini terancam. Pasalnya masyarakat masih kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan dan masih banyak membuang sampah sembarangan. “Makanya kita butuh peran dari RT,RW hingga Kelurahan untuk menyadarkan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan,” terang Kabid Kebersihan, BLH Bangkalan,  H Imam Syafri, Senin (18/11).

Dijelaskan dia, saat ini memang sebagain masyarakat telah membuang sampah ke Tempat pembuangan sampan sementara (TPS), akan tetapi, mereka belum bisa memilah antara sampah organik dan unorganic. “Seharusnya sebelum metema membuang sampah ke TPS, harus di pilah dulu, antara sampah kering dan sampah basah,” jelasnya.

Sebab kata Imam Syafri, kalau sampah plastik dicampur dengan sampah basah, maka akan sulit untuk diurai. “Sampah plastic itu sulit diurai, makanya harus dipsahkan,” tuturnya.

Untuk tetap menjaga kebersihan di Bangkalan kata Imam Syafri, BLH telah menyediakan Fasiltas mulai dari TPS, grobak dan pengangkutan. “Kami siap mengangkut sampah itu hingga ke TPA, dan semua fasilitas sudah tersedai,” pungkasnya. (min)

Email Autoresponder indonesia