Kebijakan Moratorium Berdampak Pada Meningkatnya TKI Ilegal

1134 views
image

Foto kenangan Zainab Binti Duhri Rupa (jilbab hitam tengah) Bersama Keluarganya(dok mc.com)

Bangkalan,maduracorner.com – Keputusan pemerintah menerapkan moratorium penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke beberapa negara, akan membawa dampak buruk yang sistematis. Salah satunya, yaitu meningkatnya jumlah tenaga kerja ilegal.

Kondisi ini memaksa pihak kantor Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Bangkalan berupaya keras untuk mencegah hal ini. Salah satunya dengan melakukan berbagai sosialisasi ke masyarakat.

“Untuk mengantisipasi hal itu, kami menggencarkan sosialisasi ke kecamatan yang menjadi kantong-kantong pengiriman TKI. Seperti Kecamatan Geger dan Klampis”,terang kata Kabid. Pengawasan dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinsosnakertrans Bangkalan, Takdir Mulyanto kepada maduracorner.com, senin (11/5/2015) siang.

Ia menambahkan, peningkatan TKI illegal ini perlu menjadi perhatian bersama. Baik pemerintah pusat maupun daerah. Karena TKI illegal seringkali mendapat perlakuan kurang baik di Negara tempat mereka mencari pekerjaan. Termasuk upaya pemulangan paksa ke Indonesia. “Selama 2014, jumlah TKI ilegal mencapai 540 orang yang sudah dipulangkan ke Bangkalan,”tambah Takdir Mulyanto.

Sebagaimana diketahui, pemerintah RI sudah melakukan moratorium TKI ke sejumlah negara Timur Tengah. Kebijakan ini salah satunya dipicu oleh berbagai masalah hukum yang menimpa para TKI Indonesia. Termasuk kasus hukum pemancungan terhadap TKW asal Bangkalan, Siti Zaenab binti Duhri Rupa, beberapa waktu lalu. Kebijakan moratorium ini pun mulai disosialisasikan ke semua daerah. (her/mad)

Penulis: Heriyanto
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia