Kekeringan Kritis, BPBD Sampang Droping Air Bersih

960 views
image

Mobil tangki bergerak salurkan air

Sampang, maduracorner.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang salurkan air bersih sebanyak 230 tangki berkapasitas 5000 liter ke 46 Desa yang dilanda kekeringan.

Droping air bersih ke desa-desa yang tersebar di 12 Kecamatan akan dilakukan hingga 54 hari kedepan. Hal itu sesuai dengan data pengajuan permintaan air bersih yang diterima BPBD Kabupaten Sampang.

Namun BPBD Sampang memprediksi warga terdampak kekeringan yang memerlukan air bersih akan terus bertambah hingga 100 lebih desa berdasarkan data prakiraan cuaca BMKG.

“Menurut data dari BMKG wilayah sampang masuk kategori kekeringan kritis. Hasil pendataan dari 46 desa yang mengalami kering kritis akan terus bertambah,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang Anang Joenaidi, Kamis (13/08/2015).

BPBD Sampang sendiri saat kini tengah mengajukan permohonan bantuan anggaran untuk penanggulangan bencana kekeringan di Kabupaten Sampang kepada Pemprov Jatim.

“Usulan bantuan Rp 200 juta ke Provinsi, karena saya yakin bantuan droping air saat ini belum bisa memenuhi kebutuhan warga. 1 desa dapat jatah 5 tangki, perkiraan saya itu hanya cukup 3 hari saja padahal tidak menutup kemungkinan kemarau hingga bulan Desember,” pungkasnya. (far/yung).

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor : Buyung Pambudi

Email Autoresponder indonesia