Kemarau Panjang, Air Sumur Umum Desa Paterongan Menyusut

803 views

Tampak kondisi sumur umum di desa Paterongan Kecamatan Galis-Foto: Sumaryanto/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– akibat kemarau panjang, sumur umum di desa Paterongan kecamatan Galis kabupaten Bangkalan airnya sudah mulai menyusut. Saat ini sumur yang lokasinya berada di pinggir jalan raya desa Paterongan itu memang masih tetap mengeluarkan air yang dimanfaatkan masyarakat setiap hari, Namun seiring dengan adanya musim kemarau panjang ini, perlahan air di sumur  tersebut terus menyusut.

Salah seorang warga desa Paterongan moh Rifa’i, mengatakan, sumur umum dengan kedalaman sekitar 3,5 meter itu, sangat membantu warga dalam memenuhi kebutuhan air setiap harinya. Apalagi saat kemarau seperti sekarang ini, banyak warga yang antre untuk mengambil air di sumur umum itu “Maka dari itu, warga disini (Pateronggan red) mulai resah jika kemarau terus berlangsung,  warga kuatir sumur ini akan mengering seperti yang terjadi didesa lainnya ” kata Rifa’I Sabtu (22/09/2012).

Hal senada diungkapkan oleh Marenti. Menurut dia, kalau ingin mandi dan mencuci sepuasnya, jangan datang pada sumur umum pada sore hari, karena pada sore hari banyak warga yang antre, karena setiap hari ada sekitar 7 dusun di desa tersebut  yang mengambil air sumur itu dengan memasang pipa sepanjang 30 meter – 50 meter dan  langsung disalurkan kerumah mereka dengan memakai mesin Sanyo.

Menurut marenti, warga desa Paterongan hanya memanfaatkan air sumur itu untuk keperluan mandi dan mencuci.  “Sumur ini tidak bisa diminum mas, karena kadar kapurnya terlalu tinggi. Untuk keperluan air minum warga desa mendapat bantuan air minum yang didrop langsung setiap hari dari pemkab Bangkalan,” pungkas Marenti. (yan/min).

Email Autoresponder indonesia