Kemarau Panjang, Pedagang Air Bersih di Kokop Panen

688 views
Truk pengisi air

Truk pengisi air

Bangkalan,Maduracorner.com – musim Kemarau yang hampir mencapai puncaknya di Kabupaten Bangkalan pada bulan ini, dimanfaatkan oleh pedagang air bersih untuk mengais rejeki, dia adalah Munif (24) warga Desa Bato Korogan Kecamatan Kokop yang dikenal sebagai satu-satunya pedagang air bersih ke seluruh kecamatan Kokop. “Saya sudah 3 tahun lebih menekuni usaha menjual air bersih ini mas, dalam 1 tangkinya saya patok harganya Rp.200 ribu,” ujar Munif, Selasa, (9/9/2014).

Air bersih yang dia jual itu, kata Munif berasal dan diambil dari sungai besar yang mengalir didepan rumahnya lewat sambungan pipa sepanjang 25 meter kemudian langsung dimasukan kedalam tangki mobil. Sedangkan langganannya selama ini sebagian besar adalah warga yang tergolong mampu didaerah yang rawan air bersih dan sumur mereka benar – benar kering dan tidak nyumber lagi di desa Katol Timur, Katol Barat, Teramok dan desa-desa lainnya di Kecamatan Kokop yang mengalami kekeringan air bersih. Termasuk melayani permintaan warga di Kecamatan Tanjung Bumi dan Sepulu. “Rata-rata langganan saya selama ini adalah warga yang tergolong mampu didesa Katol Barat, Lembung, Katol Timur dan Teramok, seminggu sekali selalu minta dikirimi air bersih untuk kebutuhan MCK keluarga masing – masing,” tutur Munif.

Sementara itu Camat Kokop, Irijono mengatakan bahwa desa-desa yang menalami kekeringan dan kekurangan air bersih selama musim kemarau di Kecamatan Kokop sudah dilaporkan ke Bupati Bangkalan dan secara rutin juga sudah didroping air bersih melalui bantuan Bupati Bangkalan yang diangkut dengan truk tangki milik PDAM Sumber Pocong Bangkalan. “Mereka yang membeli air bersih itu, adalah warga yang tergolong mampu di desa Katol Barat, Lembung, Katol Timur dan Teramok,” pungkat Irijono.

Penulis : Aryan
Editor. : Sohib

Email Autoresponder indonesia