Kemarau Panjang, Sungai Desa Tengket Mengering

573 views

Kemarau Panjang, Sungai Desa Tengket Mengering-Foto: Sumaryanto/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– akibat kemarau panjang sungai di desa Tengket  kecamatan Arosbaya mengering. sungai yang menjadi andalan para petani untuk mengairi sawahnya itu saat ini air menipis.
Dari pantauan MC.com, Kamis (13/09/2012), aliran air sungai di desa Tengket itu sangat kecil, jika dalam waktu dekat ini hujan tak kunjung turun, bisa dipastikan lagi aliran airnya akan mengering total. “Sejak dua bulan  yang lalu, air disungai ini debetnya sudah semakin kecil dan tidak bisa lagi mengairi sawah disini,” ujar salah soeang petani desa Tengket,  Moh.Muklis  saat pulang  dari sawahnya dengan memakai sepeda ontel.

Menurutnya, petani sebenarnya ingin beralih ketanaman komoditas lain seperti palawija, dan tanaman tumpang sari. Namun dengan perhitungan air yang dibutuhkan tidak memadai, maka akhirnya nita petani diurungkan. “Apalagi saat ini persedian gabah dari hasil panen sebelumnya sudah semakin menipis,” kata Muklis.

Satu – satunya jalan untuk menutupi kebutuhan sehari – hari dan keperluan biaya sekolah kata Mukhlis.  Para petani, saat ini banyak yang sudah beralih profesi atau bekerja sampingan sebagai kernet MPU, tukang bangunan, nelayan dan kerja serabutan lainnya. “Petani tidak boleh berpangku tangan dan harus segera mencari jalan keluarnya jika tidak ingin keluarganya kelaparan,” terang Muklis yang kebetulan juga nyambi sebagai seorang guru di sebuah MTs swasta di kecamatan Geger.

Terpisah Camat Arosbaya, Drs.Akhmad Tumiran,M.Si, menjelaskan, untuk meringankan beban masyrakat pada musim kemarau ini, Bupati Bangkalan, R.KH.Fuad Amin,S.Pd. memberikan bantuan sembako dan ribuan liter air bersih yang di drop setiap harinya.(yan/min).