Kemendiknas RI, Beri Inspirasi Siswa Dengan Film Inspiratif

Ribuan Siswa SD Nonton Film Bareng Bersama Dirjen Kemeterian RI  | Oleh : A.Shohib

 

Dirjen Kemendiknas RI dan Kadisdik Bangkalan saat jumpa pers-foto : A.Shohib/Mc.com

Dirjen Kemendiknas RI dan Kadisdik Bangkalan saat jumpa pers-foto : A.Shohib/Mc.com

Maduracorner.com,Bangkalan–  sekitar 1.000 orang siswa SDN se kabupaten Bangkalan menonton film insiprastif bersama Dirjen Kementerian PendidikanRI, Kacung Marijan. Nonton Bareng film inspiratif yang digelar di gedung pertemuan Raotoh Ebuh Bangkalan itu merupakan pilot project KemendinasRI dalam menanamkan nilai-nilai baik kepada siswa melalui Film. “Penanaman nilai nilai baik kepada anak didik tidak hanya melalui pendidikan formal tradisional saja, ada juga melalui media film, karena melalui film ada nilai tertentu yang akan menjadi inspiratif,” jelas Kacung Marijan, usai nonton bareng Film Inspritaif di gedung Ratoh ebuh Bnagkalan, Selasa (10/9).

Dijelaskan Kacung Marijan, pemutaran film inspiratif ini akan dilakukan di 30 kabupaten kota di Indonesia mulai dari Sumatra, Aceh Jambi dan propinsi lainnya. “Kabupaten Bangkalan merupakan salah satu yang ditempati sebagai pilot project pemutaran film inspiratif ini, selain disini (Bangkalan Red) di Jatim, nonton film inspiratif ini juga dilakukan  di kabupaten Blitar, Batu dan Pacitan,” jelas Kacung Marijan.

Lebih lanjut Kacung Marijan menjelaskan, melalui nonton film inspiratif ini, diharpkan nantinya siswa yang tengah belajar bisa lebih semangat dan mengerti tentang social budaya. “Nantinya kita akan menyediakan mobil bioskop keliling untuk pemutaran film inspiratif seperti ini dan kita telah memberikan hak copy kepada disdik di daerah untuk film-film inspiratif,” terangnya.

Judul film inspiratif yang diputar kata Kacung Marijan, adalah film-film yang bisa membuat siswa terinspirasi. “Untuk disini (bangkalan Red) film yang kita putar adalah film Lima Menara dan Garuda di dadaku, mungkin di daerah lain, judul filmnya beda,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Moh Mohni, menjelaskan untuk nonton Bareng film inspiratif ini, Disdik Bangkalan mengundang 1.000 orang iswa SD. “SiswaSD yang nonton film ini adalah siswa SD yang didalam kota saja, siswa SD di kecamatan-kecamatan belum,” kata Mohni.

Untuk nonton film Inspiratif ini kata Mohni, akan dijadikan tiga kali, yaitu yang pertama untuk siswa SD, kemudian film akan diputar lagi dengan penontonnya para guru dan terakhir film inspiratif akan diputar untuk masyrakat umum. “Untuk siswa dan guru akan dipilih, tergantung kepada kapasitas masing masing,” pungkas Mohni. (min)

Email Autoresponder indonesia