Kena Diabetes Tapi Tak Ingin Kena Komplikasi? Ini Cara Mencegahnya

Hindari asupan tinggi kalori seperti soft drink  I  By : Radian Nyi Sukmasari 

Maduracorner.com.Bangkalan – Bagi penyandang diabetes, tak jarang terjadi beberapa komplikasi penyakit lainnya seperti serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal. Agar terhindar dari berbagai macam komplikasi, apa yang perlu dilakukan para diabetesi?

“Terapkan perilaku hidup sehat dengan makan seimbang, tercukupi kebutuhan lemak, protein, dan jangan terlalu banyak karbohidrat. Harus banyak minum untuk menjaga keseimbangan zat-zat di dalam tubuh,” papar dr Agastja Wisjnu Wardhana, SpPD, FINASIM dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis Rabu (13/11/2013).

Menurut dr Agastja, sebenarnya para diabetesi diperbolehkan mengonsumsi berbagai jenis asupan. Namun, jumlah kalorinya harus disesuaikan juga dengan tingkat aktivitasnya.

“Sebaiknya hindari asupan tinggi kalori seperti soft drink. Lebih baik konsumsi makanan non kalori atau low kalori,” kata dr Agastja.

Untuk olahraga, dokter yang berpraktik di RS Selapa Polri Lebak Bulus ini mengakatan, para diabetesi bisa melakukan senam misalnya senam diabetes. Atau yang paling simpel yaitu dengan berjalan kaki selama 30 menit, sebanyak lima kali dalam seminggu.

Sementara itu, dr Tri Juli Edi Tarigan, SpPD menuturkan, agar terhindar dari komplikasi, maka diabetesi harus mengelola diabetesnya sebaik mungkin dengan memperhatikan prinsip yang terdiri dari lima pilar.

“Exercise teratur, penerapan pola makan teratur, perhatikan jumlah kalori makanannya agar seimbang, konsumsi obat jika perlu, dan kontrol teratur supaya dokter bisa melihat kalau-kalau ada perubahan,” papar dr Tri Juli.

Sumber – detikHealthdiabetes1

Email Autoresponder indonesia