Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok di Bangkalan Masih Wajar

445 views

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bangkalan, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah pasar tradisional untuk memastikan stabilitas harga kebutuhan pokok di bulan Ramadhan, Selasa (22/5/2018).

“Pada umumnya kenaikan harga sejumlah kebutuhkan pokok di pasaran masih wajar, karena kenaikannya sekitar Rp 2000 dan Rp 3000,” jelas Pj Bupati Bangkalan, I Gusti Ngurah Indra Setiabudi.

Menurutnya, hanya beberapa komoditas kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga. Seperti, telur ayam, bawang merah, cabe dan daging ayam. Sedangkan, harga sembako lainnya masih stabil dan tidak mengalami lonjakan harga.

“Bahkan, harga daging sapi itu turun. Semoga harga tetap stabil hingga akhir Ramadhan,” imbuhnya.

Indra sapaan akrabnya memprediksi, lonjakan harga kebutuhan pokok akan terjadi menjelang hari raya Idul Fitri. Hal itu, tidak lepas dari tingginya permintaan masyarakat terhadap ketersediaan segala macam komoditas pangan di pasar.

“Tapi kalau distribusi kebutuhan bahan pokok itu bisa dipenuhi, lonjakan harga tidak akan signifikan,” paparnya.

Mantan Bakorwil IV Pamekasan ini menjelaskan, proses distribusi segala macam komoditas akan selalu dipantau. Tujuannya, untuk memastikan bahwa semua stok pangan yang menjadi kebutuhan utama masyarakat tersedia di pasaran.

“Kenaikan harga pangan juga bisa diantisipasi melalui operasi pasar murah,” tandasnya. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad